warna-warni di pasar tradisional Makassar

Kamis, Juli 07, 2011

Foto-foto berikut ini postingan Onda tadi pagi di fb....


Ummi yang satu ini jangan ditanya kemampuan masaknya....gak cuma badannya sendiri yang subur, tinggal serumah dengannya klo gak kuat iman size bisa naik 2 nomer dalam 2 minggu.



Selain fotonya bagus, objek dan tempatnya juga jarang ada yang upload, kebetulan saya lagi tertarik dengan flora fauna dari pasar tradisional.

Walaupun jarang masuk pasar tradisional, dan kebetulan banyak mall dekat rumah dengan beberapa raksasa retail, malah Lotte 3 lantai juga barusan grand opening.....aneka sayuran dan ikan-ikanan sedang jadi perhatian utamaku karena lagi senang masak! heheheee....telat ya.



Kalo liat tumpukan tomat buah, tomat keriting, cabe seperti ini jadi pengen nyambel. beking dabu-dabu, sambel terasi mentah, sambel terasi tumis....mmmm, kekasihku suka sambel buatanku.




Bikin ca brokoli dan kembang kol, jamur kuping, tahu sutra goreng maizena, pakein sambel bangkok dan minyak wijen...mmmmmm 
Ato capcay goreng......
Ato ca sawi plus daging sukiyaki......harum tumisannya sampe kekamar si 2 brondong kacci, memancing mereka ke dapur dan berebutan mengambil sendok: 'di tes dulu ya maaa....'.




Bahan-bahan untuk sayur bening. 
Gampang dan ekspresss.....



Tempe...di goreng, di tumis kecap, sambel goreng kering plus kacang dan teri, ato di saos.
kayaknya semua suka tempe, saya sampe beli buku khusus tempe....bikin tempe ungkep bumbu ala warungan dan di goreng....enak dan tidak mengecewakan.




Udang....mau kecil mau yang besar, kayaknya lebih enak klo di makan di rumah mamie deh. 
Masakannya top! ala resto....



Ikan asin gak pernah dari dapurku.....dari dapur kakakku lebih enak. Toh keluarga kecilku gak doyan makan ikan asin. Baguslah....supaya gak usah repot-repot kena hipertensi. 
Saya belajar membuat aneka menu yang mereka doyan saja.




Cumi...enaknya di goreng tepung, anak-anak selalu suka. Yang dimasak kuah hitam....cuma saya yang suka, itu juga gak bikin sendiri, biasaaaa...dari dapur mamie gak ada duanya.




Ikan lamuru....di ungkep bumbu lalu digoreng garing....enak dan gurih. Ada langganan tempat beli ikan bakar di pasar yang jual lamuru yang di masak kuah kuning gitu, sampe di rumah tinggal digoreng. 
Kekasihku dan 2 brondong itu gak suka ikan masak seperti pallumara orang sini....ikannya berasa sekali dan penampilan ikan yang dipotong melintang katanya merusak syaraf makannya.....kalo saya masih mau asalkan pallumara bikinan mamie yang resepnya banyak bumbu, amisnya ilang!
Menu kuah asam ikan bikinan mamie juga enak. Segar, pedes asem.....hot!

Ini lagi semangat bikin menu ikan, orderannya sih ikan bakar. Apalagi kan sudah punya magic pan yang bebas asap untuk menu bakaran. Kemarin sudah coba menu ayam bakar teriyaki...dari buku dan sudah diedit kakakku Olling supaya lebih enak. 
Kata kekasihku: 'terasa bumbunya dan mantap bakarannya, ada strep-strep bakaran gitu kayak steak!' ..
Gak usah nanya komen si 2 brondong itu.....liat aja licin piringnya!....



You Might Also Like

0 komentar

Subscribe