cara bikin simple mackarel yang enak bebas amis! ala Novie

Selasa, Oktober 04, 2011



Ini salah satu menu dinner tadi malam, simple mackarel ala Novie.

Di keluargaku, menikmati ikan kaleng bukan berarti serba praktis hanya tinggal dipanasin. Tetep ada perlakuan dong....supaya rasanya lebih kaya, segar dan jauh dari rasa  amis ikan kaleng. Ini resep dari kakekku yang pinter dan hobby masak, alm.H.Sulaiman Alui.
Dulunya, saya suka menemani dan mengamati cara Te Mang (panggilan sayang dari kami para cucu) memasak ikan dari kaleng yang waktu itu dalam kaleng oval....yang hingga kini masih selalu dinikmati di rumah mamie dan Olling kakakku karena saya jarang masak dan belum sempat  nyobain bikin sendiri. Nah...kesempatan itu datengnya  baru belakangan ini, hehee...serba telat ya di bidang masak.


Bikinnya gampang kog, ikannya dipisahin dulu dari kuahnya trus digoreng sebentar dengan sedikit minyak. Jangan lupa wajannya ditutup, terutama buat yang sudah investasi banyak untuk perawatan kehalusan kulit wajah dan badan, karena suka ada letusan minyak!. 
Angkat dan atur ikannya dalam piring saji.
Minyak bekas gorengan  ikan bisa tambahin mentega untuk menumis  irisan bawang merah yang banyak dan irisan bawang putih sedikit aja, gak pake juga gak apa koq. 
Kalo sudah tercium harum tumisan bawangnya, masukin sebanyak yang kamu suka tomat buah yang sudah dibelah empat supaya rasa dan aromanya lebih seger, cabe rawit utuh buat yang seneng pedes, aduk sebentar lalu masukin kuah ikannya. Klo udah meletup masukin potongan daun bawang dan kemangi sebanyak yang kamu suka....supaya gak amis, lalu tuang kuahnya ke atas ikan. 
Sudah, kelar...gak perlu ditambahin bumbu lagi. Gampang toh.

Kata kekasihku, mantap makan malamnya!....si brondongs kacci sampe melicinkan piring nasinya. Ludessss....
Keluarga senang, mama happy.....






You Might Also Like

0 komentar

Subscribe