Rumah Roh, wujud ritual persembahan pada para leluhur di Bangkok

Rabu, Oktober 03, 2012

Banyak hal menarik minggu lalu keliling Bangkok.
Salah satunya, bahwa disetiap bangunan baik itu mall, pemerintahan atau rumah, selalu dibagian depan ada miniatur rumah lokal beserta beberapa patung dan rangkaian bunga. Seperti masyarakat Bali  dalam melakukan ritual persembahan.


depan ehotel Bangkok





yang ini depan Gems Jewelery Pattaya, dua miniatur rumah yang berbeda bentuk bangunannya. yang ini bentuk bangunan menyerupai istana nuansa keemasan dengan atap bersusun.


diapit kolom simetri  dengan animal guarding nuansa keemasan


klo yang baju biru terusan ini?...guarding angel. ...heheheee...


dilengkapi dengan patung-patung penari,patung kuda putih dan utamanya patung gajah putih  yang sedang melakukan prosesi ritual persembahan sebagai penghormatan kepada para dewa.


satu lagi yang disebelahnya, berbentuk miniatur rumah panggung terbuat dari panel kayu berprofil geometris.pengerjaan elemen bangunannya seperti tangga, pintu, jendela, atap dan ornamen hiasnya dekerjakan secara detail dan halus.


lengkap dengan ornamen piring persembahannya yang berhias rangkaian bunga Buddhist yang kuning, lilin, dan dupa.


mayoritas orang Thailand beragama Budha, dimana aliran Buddhisme yang dipengaruhi kepercayaan tradisional tentang roh-roh leluhur dan alam sangat kuat dalam keseharian mereka.
dan sebagai persembahan kepada para dewa mereka membuat miniatur rumah roh yang menurut kepercayaan mengandung semangat rumah.persembahan makanan dan minuman untuk menyenangkan roh-roh agar mereka tidak menghuni rumah yang lebih besar dari Thailand yang diyakini akan mendatangkan kekacauan dan bencana!


miniatur rumah roh selalu dilengkapi dengan rangkaian bunga-bunga indah diseluruh bagian rumah, mulai dari hiasan atap, sekeliling rumah  sampai ke tangga.


. pedagang depan dermaga Ferry Boat Choophaya River ini sedang meronce si kuning marigold menjadi bentuk gelang persembahan, dironce dengan bunga-bunga yang lain. Jadi ingat pedagang roncean bunga persembahan di little India Singapore.Thailand memang identik dengan bunga cantik!
ketika baru mendarat di  bandara international Suvarnabhumi Bangkok yang luas dan canggih pun masing-masing kita dikalungi untaian bunga. sayang mba Thai itu terlalu buru-buru jadi gak sempat foto satu demi satu deh, memang sih sudah disiapin tukang foto sendiri sama mba Thai nya, tapi gak afdol ah kalo bukan kamera sendiri. Ini kekasihku yang sempat ku foto, tapi foto diriku blurr di kameranya.ya karena antri dan buru-buru itu tadi.
konstruksi shell dengan struktur rangka baja dan kaca  bandara internasional Suvarnabhumi Bangkok yang spektakuler ini bikin bandara internasional Cengkareng jadi ketinggalan jauh dari tampilan kekinian. untung bandara internasional Hasanuddin sudah seperti sekarang ya....kalo ruang hijau di di bandara internasional Cengkarang berada di outdoor, ruang hijau bandara internasional Suvarnabhumi Bangkok menyatu dengan indoor dan struktur bangunannya. so canggih deh!



dua rumah roh  yang berada depan mall di seberang Choophaya River ini terbuat dari marmer berdiri diatas pedestal marmer hitam  yang memisahkan setiap unit yang dilengkapi meja persembahan dan... ada pisang, teh serta susu cair lengkap dengan sedotan.


dihias dengan ornamen ritual: patung-patung penari, gajah putih dan roncean bunga.


Nongnooch Village with Thai Tradisional Dance and Elephant Show Pattaya.
 motif bunga lotus keemasan di kain merah dan payung kuning bertingkat  juga dimiliki Bali.


ukiran panel yang menceritakan epic Mahabrata dengan pemujaan pada dewa-dewa, juga aplikasi paduan warna-warna  dinamis dari motif geometri pada kolom, dan teteup....rangkaian bunga dan buah tropis dalam skala besar bikin space ini look stunning di sepanjang jalur sirkulasi Nongnooch Village Pattaya.


depan tempat penjualan souvenir yang umumnya bermotif gajah, tempat persembahan ini juga dihiasi parung gajah dalam berbagai ukuran.



serasa di klenteng ya yang kental dengan unsur beraura oriental. ornamen naga emas yang melingkar di kolom merah, jendela dan bagian atap yang yang juga merah berhias ukiran keemasan khas oriental. dengan dilengkapi lampion merah, si nona cantik berkaos marun ini  serasa berada di  kawasan Pecinan jalan Sulawesi Makassar ya....


ini depan pabrik oleh-oleh Dried Food Market Pattaya, di bagian pintu masuk utama lembaran uang kertas pecahan 20, 50 dan 100 baht disusun membentuk pohon uang yang tinggi menjulang. eh, jadi ingat lembaran 1000 baht punyaku yang gak tau nyelip dimana!


kata cowok Thai ini, pohon uang yang diletakkan depan pintu masuk bangunan dipercaya dapat mendatangkan kemakmuran. modelnya gak jauh beda dengan ember Maulid berisi telur rebus dan ornamen kertas warna-warni yang diikat disetiap lidi yang ditancapkan dalam ember Maulid berisi kado' minyak lengkap dengan lauk pauknya.


patung goat head ini tepat depan undak-undakan menuju tower gigantis Wat Arun yang  indah dengan ornamen keramik mozaik.dari atas tower kita bisa melihat pandangan keseluruhan Bangkok.




kalo di Bali identik dengan kain kotak-kotak hitam putih yang di sebut poleng, selalu di lilit di patung, tiang rumah dan benda-benda khusus lain, lha korsase bermanik  yang melilit leher goat head ini bermakna apa ya. mungkin sekedar ornamen visual?.....spt juga yang berikut ini,
batang pohon kelapa depan depan pantai yang berhadapan dengan Hard Rock Cafe Pattaya ini juga dihias bunga kering dan pita korsase.

Ritual penghormatan kepada arwah leluhur memang berbeda-beda di setiap tempat di belahan bumi ini. Bentuk dan wujud persembahan merefleksikan keadaan geografis, budaya dan adat istiadat masyarakat setempat. Salut yang sedalam-dalamnya pada suatu etnis yang masih menjunjung tinggi akar budaya tempatnya berpijak.




You Might Also Like

1 komentar

  1. mau tanya apa ada patung ganesha yang besar? email wiilii@yahoo.com

    BalasHapus

Subscribe