Kopi Kultur Di Little Tree Bali

Rabu, September 10, 2014

Little Tree Building
Ini tentang sebuah tempat di Bali bernama Kopi Kultur.
Diajak kekasihku menemui sahabatnya, pak Ayib Mata Merah,saya menyebutnya begitu, semasa kami tinggal di Bali.Setelah malam sebelumnya berputar-putar mengelilingi seminyak mencari alamat kedai kopinya,akhirnya ketemu juga setelah keesokan harinya mampir bertanya di Mata Merah Agency dan diarahkan ke tempat ini, Little Tree di jalan Sunset Road Kuta Bali.

Little tree adalah green building centre yang menjadi tujuan bagi pemilik rumah, villa dan hotel yang menginginkan bangunannya tidak hanya sejalan dengan konsep green building yang mengusung eco-friendly sebagai pasak utamanya, tetapi juga sekaligus menjadikannya sustainable dimana keberadaan bangunan terintegrasi dengan lingkungan sekitarnya.

Proses ini dimulai dari pemilihan bahan, penggunaan teknologi, material penunjang, sampai pada pemilihan produk perawatan yang menerapkan managemen limbah yang pada akhirnya diharapkan akan mengurangi emisi gas rumah kaca skaligus meningkatkan kualitas lingkungan dari segi fungsional, kesehatan, kenyamanan dan estetika.
Dari jalan, masa bangunan ini diletakkan jauh ke dalam, menyisakan lahan luas untuk area parking dan area hijau. Fasade bangunan massa tunggal berskala tinggi dua lantai yang membentuk komposisi geometris dari susunan dan paduan material alami seperti batu alam, bambu, kayu dan dinding bangunan yang difinishing kecoklatan dengan cat taro. 


Area indoor berkesan lapang dengan adanya mezzanine yang difungsikan sebagai ruang kantor yang keseluruhannya menggunakan material bambu.
Di bagian bawah, deretan display material bangunan dan produk-produk perawatan yang di layout linear menerus ke dalam sepanjang sisi kanan dan kiri bangunan.










Di salah satu sudut ruang display Farchan, the brondongs blues menjajal kemampuan bermusiknya pada bamboo guitar endo.



Pak Ayip menyambut kami dibagian terdalam Little Tree, di sebuah tempat yang adem,asri, nyaman bagaikan di rumah sendiri, mengapung diatas kolam ikan yang ditata natural seperti aliran sungai sepanjang sisi bangunan tanpa dinding, 

Disinilah Kopi Kultur, tempat dimana biji-biji kopi terpilih di datangkan dari seluruh indonesia yang dalam proses pengolahannya, yang menurut pak Ayib, dilakukan dengan memberi wawasan, pengetahuan dan bimbingan tata cara pengolahan kopi yang akhirnya memberi dampak kesejahteraan bagi petani kopi di daerah itu sendiri.

Dan  sebagai note khusus, kopi Arabica baik untuk laki-laki karena ampuh menggandakan stamina. sedangkan buat perempuan, kopi rubusta baik untuk menjaga metabolisme memberi efek pada kestabilan fungsi-fungi yang berhubungan dengan kewanitaan, seperti muka cerah, kulit mulus, gak gampang lemes dan pusing, dan... masih banyak lagi yang lainnya.Intinya, kopi baik bagi semua orang, bahkan untuk kadar tertentu baik untuk menjaga kestabilan tekanan darah. Tapi yang ini sudah tidak berlaku buat saya yang sudah terlanjur menderita tekanan darah sejak hamil dan eklamsia.





photo by Tokyo Skipjack











Kopi Kultur ini menjadi tempat dimana para penikmat kopi termanjakan dengan sajian kopi berkualitas, menu-menu pilihan, sekaligus sebagai wadah berbagai macam komunitas seni, produk dan ragam latar profesi di Bali untuk bertemu, beraktualisasi, bertukar pikiran, menyatukan ide-ide kreatif, dan berkolaborasi untuk menghasilkan sebuah gerakan bersama untuk meningkatkan kualitas hidup yang sejalan dengan konsep life style eco smart: bagi manusia, bagunan, lingkungan, dan bumi.




You Might Also Like

13 komentar

  1. Balasan
    1. Iya mba...silahkan jalan2 kesana.bagus tempatnya dan bisa ketemu komunitas2nya.

      Hapus
  2. Aaaakkk.... SURGA buat pecinta kopi...! Mau banget ke sanaaa...

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama-sama.banyak hal menarik disana.konsep green,bangunan,produk,kopi,kafe,juga komunitas dan event2nya.makasih sudah mampir ke blog saya ya.

      Hapus
  3. wajib nih kesini kalo ke bali, asekk nemu tempat keren. TFS mak

    BalasHapus
    Balasan
    1. boleh tuh mba. tempatnya asyik,makanan dan cemilannya gorengan pisang,ubi dan kentang , katanya dipilih dari buah terbaik.enak...

      Hapus
  4. Makasi ya udah sharing.. bagus banget tempat dan suasananya. Kalonmain ke bali harus mampir ke sini nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama.banyak hal menarik disana.konsep greennya,bangunannya,produknya,kopinya,kafenya,juga komunitas dan eventnya.makasih sdh mampir ke blog saya.

      Hapus
  5. Bagus ya Mbak tempatnya... Tempatnya ditata dengan apik dan bercitarasa seni...Pastinya asyik ya bisa ngopi di sana sambil ngobrol dan melewatkan waktu... Pengen nih suatu saat mampir ke tempat itu...

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mba,kereeen tempatnya ya.saya juga masih pengen mampir lagi.dan makasih juga mba Rita sudah mampir ke blog saya ya. :))

      Hapus
  6. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  7. Wah,. Kalau namanya bali, tempat kopi aja bisa jadi bagus banget. Karena tempat wisata

    BalasHapus

Subscribe