Bikin sendiri yuukk...Bantal Dudukan Kursi Makan

Kamis, Desember 15, 2011



Awalnya kursi teras,  mau dijadikan kursi makan di ruang makan yang dindingnya sudah berwarna turquoise untuk kesan kasual. 
Boleh dong......

Di weekend dan tempat yang sama, selain bikin dudukan untuk kursi Betawi, saya juga sekalian bikin dudukan untuk kursi makan. 





Bahannya dan alat:
  • karton tebal untuk pengeras bagian bawah dudukan, biasanya saya pake triplex. Karena ini dibuat sendiri di rumah, males ke workshop ngambil triplex apalagi mesti motong sendiri. gak deh....
  • busa, jenis dan  ketebalan pilih sendiri
  • kain hitam untuk penutup bagian bawah sofa, ada juga yang putih
  • bahan joknya, saya pake bahan kain sofa berwarna silver tekstur denga motif geometris warna turquoise, senada dengan dinding ruang makan
  • meteran, gunting, stepler, cutter, lem





Kursi dibuatkan mal dari kertas koran, di gunting dan di jiplak pada bahan karton tebal, busa, kain hitam penutup bagian bawah dudukan, potong sebanyak jumlah kursi yang akan di dandani.


Juga pada bahan jok dan kain hitam untuk penutup bagian bawahnya, gunting di bagian buruk dengan melebihkan ukuran sekelilingnya sekitar 15 cm.




Lem bagian karton tebal di sekeliling bagian dalamnya dan susun berurut ke atas dimulai dari: 
Karton yang sudah diberi lem, busa dan bahan joknya dengan bagian baik menghadap ke atas, perhatikan letak kelebihan bahannya.




Balikkan hingga bagian karton tebal menghadap ke atas. tekuk bahan jok kursi ke arah karton tebal dan stepler 2-3 kali untuk kekuatan, lewati setiap bagian sudutnya.



Di bagian sudut, tekuk bahan ke arah karton tebal dan stepler,




Pertemukan bahan tersisa di bagian kiri dan kanan ke arah tengah sudut,




Tekuk di bagian bahan yang sebelumnya menutupi sudut karton dan stepler beberapa kali.




Lakukan pada setiap sudut sampai sisi karton tebal tertutup seluruhnya.




Tutup permukaan karton dan pinggiran bahan jok yang ber stepler dengan bahan hitam penutup bagian bawah sofa.
 


Lipat ke arah dalam sekitar 4 cm sampai menutupi bagian bahan jok yang berstepler, tekuk dan stepler sampai menutupi keseluruhan sisi kain. 




Suasana di teras depan yang beda tipis dengan workshop, semakin berantakan semakin semangat!




See....bantal dudukan yang berhasil diselesaikan sepanjang siang gak sampe sore.
Bantal-bantal dudukannya masih diparkir dulu, menunggu kursi dibersihkan dan ruang makannya siap di touch up bersama pernik interior yang lain.
silahkan di share jika postingan ini berguna untuk dibagi ke teman-teman anda, dikomen dan dikritik juga saya welcome, yang penting gak pake ragu-ragu ya...
Sampe ketemu di next postingannya ya.....xoxo

You Might Also Like

9 komentar

  1. hi novi, aku contek ide nya ya..untuk kursi teras.

    BalasHapus
  2. Makasih ya idenya sangat bagus, kebetulan mau reparasi busa kursi makan

    BalasHapus
  3. silahkan dicontek...syukurlah kalo bisa berguna ya.maaf telat balasnya.

    BalasHapus
  4. Balasan
    1. silahkan bunda Rita, syukurlah sudah bisa menginspirasi. kalo saya boleh menambahkan,untuk lebih permanen, karton tebal dibawah busanya bisa bunda ganti dengan tripleks. makasih sudah mampir ke blog saya.jangan lupa ya diposting fotonya kalo sudah kelar.

      Hapus
  5. Ya ampun gampang bingits. Pas pula saku lagi bingung mau bikin jok tp gak punya mesin jahit utk kursi2 yg baru dikeluarin dr gudang. Udah 7th aku tinggal ke lain pulau. Udah terpikir mau ke tukang.Tapi ini mudah & murah, gak pake mesin jahit. Kain hitam itu namanya spun bun, tulisan benernya gak ngerti.

    BalasHapus
  6. syukurlah kalo memberi manfaat.yang penting dirumah selalu ada stepler,itu modal kerja utama.bikin headboard tempat tidur juga bisa pake teknik ini.

    BalasHapus
  7. Stapler itu yg besar ya? Pakainya sama seperti stapler biasakah?

    BalasHapus
  8. Dimana saya bisa membeli busa yellow seperti itu?

    BalasHapus

Subscribe