manisnya mangga madu di atap teras

Kamis, Mei 24, 2012


Kalo ada istilah ataper untuk komuter yang suka nempel di atap kereta api, mangga madu di rumahku ini juga layak di sebut ataper karena berbuahnya bergerombol di sekitar atap teras.



Setelah musim buah sebelumnya batang dan dahan dipangkas supaya pohonnya gak meraksasa dan mengganggu mobil lewat, jadinya ya gini deh buah baru keluarnya semua mendekat ke atap teras.




Dahannya yang penuh buah menjulur sejangkauan tangan kearah teras. Bikin suasana semakin adem....


Tetangga depan juga suka, mobilnya yang kemarin-kemarin suka diparkir seenaknya, kini tanpa diminta dengan senang hati menjejer mobilnya depan teras persis dibawah rindangan pohon, yang punya rumah malah gak kebagian.


Tapi kali ini buahnya gak sebanyak biasanya. Kayaknya lagi wabah tetangga sekomplex yang punya pohon mangga juga keluhannya sama semua. Buahnya juga sebagian ada bercak hitamnya. 
Mangga madu ini banyak yang nge fans. Mulai tetangga kompleks, satpam, sodara, teman, mertua sampe orang-orang yang ngiler dan suka pake alesan buat sodaranya yang lagi ngidam!...silahkan deh.


Kekasihku punya cara sendiri menjolok mangga. Bekas botol air mineral yang di potong atasnya diikat ke ujung gagang sapu panjang, supaya mangganya tetap utuh katanya....


Mangga ini spesial. Rasanya gak begitu asem seperti mangga kanrejawa yang lebih pas dibuat raca-raca mangga.. 
Buah mengkal lebih pas buat rujakan, daging buahnya renyah seperti mangga Thailand, dominan manis dan ada rasa asem khas mangga diakhir gigitan, daging buahnya lebih mateng disekitar biji, walopun mengkal....asyik deh pokoknya!


Saya dan kekasihku lebih suka rujakan kecap, gula pasir dan garem plus irisan cabe rawit yang banyak! dan tanpa gula merah karna mangganya sudah manis.rasanya lebih seger dan pedes. Hot...hot....


Teras mungilku kini, semakin adem dan nyaman.....
Rencana rujakan dengan geng PPSP gak kesampean sampe ini hari. Selain waktunya gak ketemu karena sibuk dengan jadwal masing-masing, mangga ini durasi panennya juga pendek....karena yang doyan dan rutin merequest jumlahnya lebih banyak dari buah mangganya!

You Might Also Like

0 komentar

Subscribe