Flowers Flame, Bunga Kain Sebagai Aksen Hias Baju Satin Velvet

Jumat, Juni 21, 2013


Di acara kawinan ponakan sahabat minggu lalu, saya bereksperimen dengan  flower flame, kelopak bunga yang dibakar sebagai hiasan blus warna shocking pink! dari bahan satin velvet.
Tentu seperti biasa, semuanya hand made alias dikerjakan sendiri. Maunya sih blusnya diorder ke penjahit tapi sampe sekarang masih susah nyari penjahit yang hasilnya bebas complain, mendingan jahit sendiri walopun capek dan ribet tapi puas.




Ini bukan kali pertama jahit atasan buat kondangan. Tapi ini kali pertama bikin atasan yang edgingnya dibuat serong. Lebih gaya, lagi hits dan keliatan slim ditubuh yang semampai.
Karena cara bikin flower flame sudah pernah diposting, jadi disini gak kita bahas lagi ya.





Flower flame yang terbuat dari kain satin lebih bagus jika dibuat bunga jenis yang ditumpuk karena bagian belakangnya tidak mengkilap. Disini saya menumpuk dua bunga yang berbeda ukuran.




Buat dulu panduan garis lurusnya dari kapur jahit yang berlawanan dengan garis edging serong. Dibuat sejajar dengan edging serongnya juga gak masalah. Sesuka hatilah....
Lalu mulailah menyusun lembar kelopak dari yang terbesar mengikuti panduan garis serong. Menyusunnya gak usah terlalu rapi berderet supaya kesannya gak kaku. Letaknya juga kadang dibawah kadang menumpuk. Jangan lupa di kuatkan dengan jarum pentul jika tatanannya sudah sreg.


 
 Mote warna senada sebagai aksen dibagian tengah kelopak terkecil.




Mulai menjahit dari susunan kelopak terluar, lalu bagian mote yang ditengah, dan ke beberapa sisi kelopak supaya rata tidak menjuntai ketika dikenakan. Jangan lupa mematikan benang disetiap kelopak dan mote supaya ketika ada jahitan yang terlepas tidak akan merusak  jahitan kelopak berikutnya.



Satu-persatu......



 Sampe penuh....



Seperti ini....




Cantik kan....tapi oh no!!!!
Kenapa?....
Ternyata saya memasang kelopak-kelopak bunga dibagian belakang atasan! oh boys...
Koq bisa keliru begini ya gak pake cek en ricek seperti biasa ya. Masa bisa kebalik begitu untuk pekerjaan yang butuh kesabaran ekstra begini.




Sesuai mantra di studio craft:
jangan pernah menunda melakukan pekerjaan  perbaikan.
Maka mulailah saya membuka kembali kelopak demi kelopak  dan ternyata memang kelopak-kelopak itu terpasang kuat karna membukanya perlu ekstra hati-hati supaya tidak merobek bajunya atau meninggalkan bekas jahitan.




Dan ini dia kesabaran yang membuahkan hasil itu....
Dipadankan dengan kudung hijau mint senada dengan aksen motif  sarung sutra Bugis Makassar nuansa keperakan dan clutch hitam berhias mutiara plus makeup soft.
sekedar tambahan, ini kali pertama saya pake bulumata palsu sendiri, yang berarti gak perlu ribet makeup ke salon lagi untuk sekedar ke acara kondangan.

Di rak stok, saya masih punya beberapa kain untuk dibuat atasan sejenis. Ada warna tosca gelap dan salem yang akan menjadi next personal project kita.
Tapi koq kelar yang satu malah jadi niat main ke toko kain lagi ya,...ini virus pasca kelar jahit,...sudah kebayang cantiknya sutra serat nenas warna biru safir berhias bunga-bunga dari bagian bahu sampai pinggang yang nantinya serong kiri apa serong kanan ya.....
apapun itu, nantikan ya postingannya yang pasti lebih cantik dan elegan, seperti saya.
*big smile & tongue out......

You Might Also Like

9 komentar

  1. waahhhh jd keliatan indah banget ya klo sdh disusun...mantab deh mak...top markotop...

    BalasHapus
    Balasan
    1. memang indah ya mak Irowati...cobain deh buat dibaju sendiri.makasih ya sudah main ke blog sini. ditunggu kunjungan berikutnya mak.

      Hapus
  2. mak, aku baru tau blog ini....dan langsung buka2 postingan yg lain. aku pengen bikin gini ditempel di kerudung. rame ga yaaaa :)...haish emak2 banyak maunya

    BalasHapus
  3. Bagus banged ni bajunya. Boeh ah tak jadikan refrensi nantinya..

    Game Android Ringan | Persiapan Ramadhan

    BalasHapus
  4. mantep juga nih tutorial buat flowers flame..jdi pngn buat :D

    ligaolahraga.com | game cewek android

    BalasHapus
  5. wuahhhh, enak deh kalo bisa jahit baju sndiri ya... sprtinya aku bkl ngebuang2 kain bgs percuma kalo coba jahit sendiri mba :D.. Biasanya jahit ama tukang jahit langganan..tapi aku baru tau dia skr udh ga kerja di tempat biasa, dan karyawan2 lainnya g tau dia kemana -__-. jd skr aku blm nemu tukang jahit andalan lagi.. pdhl bnyk kain yg blm diapa2in -_-

    BalasHapus
  6. mulai dengan model yang simple aja dulu, dengan catatan kalo suka jahit ya.

    BalasHapus
  7. Mbak aku sudah nyoba bikin, tapi kok ga rapi ya mbak. Gimana caranya ya mbak biar pinggir nya rapi, hiks

    BalasHapus

Subscribe