Lebaran Tanpa Apple Pie

Selasa, Agustus 12, 2014


Kali ini, Lebaran tanpa apple pie.
biasanya bikin apple pie saat berkumpul reunian teman sd - smp beberapa hari setelah Lebaran.
Tapi kali absen bikin apple pie.
Bukan untuk alasan apa-apa sih, untuk tahun ini kami sepakat mengurangi mengurangi jumlah stok kue-kue enak yang selalu ada di setiap persiapan menyambut Lebaran,
mulai dari kaastengels dan taartjes ato nastar yang isi toplesnya selalu lebih dulu berkurang nyaris kosong sebelum Lebaran. Maklum...kue fave kekasihku dan the brondongs kacci. Trus ada yanhaagel dan kue coklat yang enak sekali! kesukaan mama.


termasuk juga hanya memesan cake di toko favorit  untuk dibawa kerumah kakak ipar yang selalu suka dengan cake bawaanku setiap tahun, minus cake untuk dimakan sendiri. Karena kali ini dibikinkan kakak cake kesukaan dari resep mamie yang buatku gak tertarik lagi sama cake-cake yang lain.
Lagipula kulkas di rumah juga gak muat karena sebagian rak kulkas sudah di booking adek untuk titip beberapa cake coklat siram buatan kakak untuk dihadiahkan ke kolega-kolega bisnisnya, juga rendang-rendang pesanan buatan adek ipar yang mau di delivery sampai sehari jelang Lebaran.

image dari postingan apple pie buatanku...sudah coba?
Tapi kalo gak bikin apple pie rasanya ada yang kurang, ditebusnya mesti nanti di hari lain aja. 
Tekstur dan rasa  dari apple pie buatanku itu   lekker punya lo...!!! dan sudah di testimoni sama pecinta kue dari pihak keluarga sendiri, keluarga suami dan teman-teman dekat.

Apple pie terakhir yang saya buat  hasilnya tidak terlalu bagus karena pake oven listrik baru. masih belum adaptasi dengan suhunya. biasa pake oven konvensional yang duduk diatas kompor gas plus ganjelan batu kanan kiri karena dudukannya gak matching, eh begitu pake oven listrik ternyata perlu try en error dulu.

Padahal adonan dan isian pienya sudah saya persiapkan dan disimpan di kulkas sejak beberapa hari sebelumnya, yang di bungkus terpisah masing-masing takaran satu resep, supaya bisa konsen di cara kerja oven baru ini. Ceritanya mau dibakar nanti mendekati acara ultah dua ponakan cowok.


Kali ini juga cobain pake cetakan kecil yang satuan, karena kedepan nanti pengen juga bikin chicken pie resep andalan mamie...sudah membayangkan bentuknya di cetakan single seperti ini. Hmmm...


Masih perlu sekali banyak belajar menyesuaikan dengan stelan suhu oven dan lama waktu pembakaran.
Ini keliatan permukaan apple pie yang hasilnya agak turun dari tinggi sebelum di bakar, karena saya salah membaca stelan apinya...abisnya keciiill skali tulisannya untuk ukuran mataku yang semakin rabun tua ini. Saat membakar awal untuk fase setengah mateng sebelum dikeluarkan dan diisi adonan isiannya, koq...malah keliatan turun sih adonannya. ternyata salah di stelan api, harusnya stelannya ke api bawah malah di stel ke api atas. Oh!


Nanti mau bikin lagi aaahhh...yang penampilannya lebih menggoda dengan rasanya yang tetap lekker.
Dan sudah pula menyiapkan beberapa macam variasi nih untuk isian pienya.

You Might Also Like

2 komentar

Subscribe