Rumah Budaya Rumata' Makassar

Senin, Oktober 27, 2014


Rumah Budaya Rumata'
Di hari blogger nasional ini saya memilih salah satu judul dari draft postingan yang sesuai dengan misi blogging saya yang fokus pada kreatifitas, desain dan seni. oh iya satu lagi, yaitu komunitas.
Untuk itu saya memilih Rumah Budaya Rumata' yang sebenarnya sudah sejak beberapa bulan lalu di daftar draft yang belum sempat di edit dan di posting.

Rumah Budaya Rumata' yang sering disebut Rumata' Artspace berawal dari mimpi seorang Riri Riza, sutradara film terkenal Indonesia, yang ingin memberi ruang berekspresi bagi seniman lokal di kota kelahirannya Makassar. Mimpi itu kemudian menjadi kenyataan setelah bertemu dengan cerpenis Makassar yang bermukim di Melbourne, Lily Yulianti Farid.




Lily & Riri
Kolaborasi pemikiran dan gagasan positif mereka diwujudkan dengan dibangunya Rumata' Artspace  yang menempati lokasi rumah Riri semasa kecil.


Saya baru sekali berkunjung ke Rumah Budaya Rumata' bersama team MakassarNOW, majalah kami tentang city guide and life style di Makassar. 
Kami diundang berkunjung oleh Lily dan kak Ami Ibrahim, orang-orang dibalik terbentuknya Rumahta',diajak melihat-lihat display karya-karya kreatif, teater yang berlokasi dibagian belakang yang luas, juga berbincang santai di teras belakang yang sekaligus juga sebagai ruang komunal tempat para seniman bertukar pendapat dan berbagi ide. 


Area belakang yang di fungsikan sebagai teater terbuka, talkshow, juga beberapa kegiatan outdoor dengan panggung terbuka.


Roster yang biasanya untuk dinding atau sebagai material pembatas ruang, di Rumata' Artspace roster terakota pola kembang ini di jadikan material pintu tinggi dua bukaan berkonstruksi besi. Unik dan cantik!



Rumata' yang berari rumah kita, adalah sebuah gallery, teater dan tempat berkumpul para seniman lokal dan komunitas seni di Makassar.
Beberapa kegiatan seni yang berlangsung di Rumata':

Makassar SeaScreen
Makassar SeaScreen
Music in Documentary
diskusi film dan identitas pribadi

pameran craft
 pameran foto sosial budaya
pameran craft
display buku dan lukisan

pameran craft
Juga yang ini, 

kedai kopi Rumahta' Artspace
Beberapa malam lalu Rumahta' Artspace bekerja sama dengan Mamas Toko kue mengadakan acara nonton bareng dan diskusi film Tabula Rasa bersama Sheila Timothy, produsernya yang cantik.


saya, Lala dan Lily
Harapan kedepannya, Rumahta' Artspace dapat memajukan kesenian, mendorong terciptanya pasar bagi kegiatan seni dan menjadi pusat seni dan budaya melalui kegiatan-kegiatan seni yang berkesinambungan. Semoga.....

You Might Also Like

22 komentar

  1. Balasan
    1. memang...unik dan cantik! semoga menjadi inspirasi ya...

      Hapus
    2. Wah keren sis, kau memang inspirasi saya

      Hapus
  2. itu rumahnya nyeni banget ya, suka sama atapnya

    BalasHapus
  3. pameran craft unik2 dan bagus2.. jadi pngn beli..hehe
    ada juga pameran foto sosial budaya.. hasil jepretannya keren2... ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. memang unik dan bagus ya...pamerannya sudah kelar, makanya ada foto benang di keranjang plus name card buat yang tertarik. oh iya, web nya saran produk keren yang biasanya di cari di toko suka gak ada. siapa tau nantiii kalo ada produk review share ke sini ya... :))

      Hapus
  4. aku lihat dari cover Music in Documentary..jadi tertarik dan pngn nonton.. bagus nih kayaknya.. :D

    BalasHapus
  5. yang di posting di atas itu eventnya sudah kelar semua. tapi bisa di liat di link yang saya share untuk agenda event-event selanjutnya. terima kasih sudah berkunjung...saya jadi pengen ke tanah suci lagi nih.

    BalasHapus
  6. wh mantap gan :D , makasih infonya :D

    Bunga murah

    BalasHapus
  7. Keren ya,,,ada wadah untuk berkumpulnya dan mencari inspirasi sesama pelaku seni dan blogger di Makasar..

    BalasHapus
  8. mantap bung .. sukses terus untuk rumata' makassar .. sukses jga u blogger makasar :)

    data roaming
    android murah anti air

    BalasHapus
  9. Penulisan artikel bagus, analisa dan informasi yang anda tuliskan menurut saya dapat tersampaikan kepada para pengunjung blog anda. Saya akan men share kepada teman-teman saya lainnya dan saya akan bookmark situs anda.
    Resep pancake Spesial
    http://breaktime.co.id/
    Ongisnade.net

    BalasHapus
  10. ada wadah untuk berkumpulnya dan mencari inspirasi sesama pelaku seni dan blogger aplikasi root android aplikasi edit foto di android

    BalasHapus
  11. wah keren banget gan , tempat informasi nya keren banget ditunggu artikel selanjutnya :D

    BalasHapus

Subscribe