Hari gini arisan ini arisan itu di rumah?….teparrrr

Sabtu, Mei 14, 2011



Arisan bagus, kalo konteksnya untuk memelihara silaturahmi dan nabung. Lumayan kan duitnya bisa buat ganti kulkas….
Tapi untuk keadaan sekarang yang pembantu seringnya on off, padatnya agenda kerja dan keluarga, arisan di rumah jadinya koq malah…..


Skalipun udah pake note jangan ngerepotinlah…gak pake makan kog… teteeuup aja mesti beres-beres rumah dan…pasti adalah yang kita siapin sebagai ekstra. Orang sudah jauh-jauh datang, jarang pula, cuma disuguhin kue sama minum?

Waktunya juga sering gak pas, karena beberapa urusan anak dan suami justru dimundurkan ke Sabtu Minggu, blum jadwal acara keluarga, ditambah dengan bertepatan beberapa acara dan undangan….weekend malah pontang-panting kesana sini…gak santai dan enjoy.

Tahun-tahun kemarin masih aktif aktif arisan kompleks, keluarga sini, keluarga sana, kantor suami, dan yang lainnya. Waktu itu masih semangat, banyak yang bantuin, pesan makanan ke teman dan keluarga, atau catering sekalian.

Kalo mau enak sih, seperti yang sekarang pada umumnya, ya bikinnya di café atau restoran. Seperti arisan iwapi kemarin…yang gak ribet. Walaupun terasa kurang personal touchnya. Apalagi kalo rumah kita beratmosfir nyaman dengan high end kitchen set. oh betapa nikmatnya suasana…

Saya kagum lo dengan 2 kakakku ini.

kak Ita, katanya klo utk 15 orang dia masih sanggup nyiapin sendirian, mulai dari makanan pembuka, utama sampe penutup ala Perancis ( ya karna tinggal disana)…plus piano performance by her! ....liat foto-fotonyanya nyiapin menu aneka makanan dan dessert….mmm plus +++ deh.

Olling kakakku yang satu lagi, juga sama canggihnya dengan menu Indo lengkapnya.
Sabtu kemarin dirumahnya ketempatan arisan teman sma suaminya. Untuk makan siang sekitar 30 an orang, gak t’msk yang tega bawa pasangan ato keluarga ya, semua disiapin sendiri sampe mulai dari beresin rumah sampe ke aneka puding-pudingnya, padahal pembantunya barusan mudik karena sakit. Saya?..cuma  diminta datang lebih cepat sekedar memastikan semua perintilan oke tersedia ditempatnya. Dia dipinjemin pembantu adik iparnya. Adekku mau juga pinjemin pembantunya, tapi ditolak kakakku. Katanya nanti malah ngerepotin  karena mbaknya bodoh dan lelet….

Sorenya saya balik lagi ke rumah, tetangga depan ketempatan arisan kompleks yang sudah beberapa kali kutolak. Saya di rumah cuma pake pembantu part time seminggu 3x. siapa yang mau bantuin ngurusin perintilannya.
Malamnya, balik lagi ke rumah kakakku, masih ada sambungan dinnernya bersama mertua, ipar, mamiepapie, kita-kita bersaudara plus suami dan anak-anak…ckckck, pulangnya semua kebagian tupperware  berisi kue dan makanan dari dapurnya yang sudah kembali cling!

Eh, belum sampe seminggu, mamie lagi yang ketempatan arisan Buol Sulawesi tengahnya. Hari kerja, karena kebanyakan teman seumuran yang sudah pensiou. Itu juga disertai note: habis Ashar dan gak pake makan. Mamie cuma dibantu si mbak karena tukang cuci setrikanya gak tau kemana. Arisan di rumah mamie?....semua keluarga dan teman tau, itulah saatnya makan enak!

Seperti kemarin, mamie terpaksa patuh pada kakakku yang selama ini serius mengontrol kesehatan mamie papie untuk tidak repot melanggar aturan arisan dengan menyuguhkan makanan. Walaupun cuma makroni skutel ato pastel kentang panggang. Itupun mamie menyiapkan ber pirex-pirex klaapertaart, brudel dan panada. Dan selalu….kantongan plastic dan stok khusus dibagi-bagi diujung acara, silahkan bungkus sendiri yang mana suka….

Kemarin temen sma di bbm sudah mulai menanyakan jadwal arisan sma. Sudah janjian dengan kekasihku mau ketempat mamanya, mau bawain mangga madu yang sudah siap panen dari pohon dirumahku. 
Betapa berat beban si Sabtu minggu ya. Apa perlu jam kerja dipanjangkan durasinya saja, pulangnya toh tetep malam juga. supaya waktu weekend bisa nambah sehari lagi. Lebih efektif kan jadinya waktu berkwalitas dengan anak dan suami, keluarga juga gaul dengan teman-teman….kerjaan juga sering datangnya dari bersosialisasi toh?



You Might Also Like

7 komentar

  1. Aku ga suka arisan sbnrnya mba :D Sbnrnya yg bikin males ya beres2nya itu... makanya walo tpaksa, kdg ada bbrp arisan yg aku ikutin krn alasan ga enak , dan itu jg krn diadain ga pake acra kumpul2 :D.. Jd tiap bulan uangnya di trf, trs dibagi.. kalo utk alasan sosialisasi, aku toh juga rutin ketemuan ama temen2 lama...tp ga hrs pake arisan :D..

    BalasHapus
  2. betul sekali. kalo arisan jadinya ada yang bela2in dateng cuma karena belum dapet arisan. inti ketemuan jadi berkurang maknanya. saya juga lebih suka ketemuan dengan yang sama-sama klop niat ketemuan dan ngobrolnya serta tidak harus dalam kelompok besar.

    BalasHapus
  3. terkadang menyenangkan arisan, bisa ngumpul breng sama tetangga atau temen2.. cuma hbs arisan itu lho..hrus bersih2 rumah.. hehe

    BalasHapus
  4. Saya ga pernah ikut arisan mbak :D selain pindah-pindah merantau dan balik kampung, saya pusing duit muter-muter hehehe..salam kenal yaa Mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya juga memilih arisan yang akan diikuti seperti aisan keluarga,teman se profesi dan arisan sekitar rumah untuk silaturahim tetangga, dan lebih suka yang tidak dibuat setiap bulan. toh silaturahim bisa melalui chatting di grup kaan.

      Hapus
  5. Aku sebenarnya sih suka aja dengan arisan begini tapi aku cuma ikutan 2 grup arisan aja. Kadang pas aku kebagian tempat ya ga papa juga di rumah. Karena anggotanya cuma 10 orang jadi bikin atau sediain makanan yang simple aja. Mereka juga suka bawain makanan atau camilan sukarela sih ya mesti juga hehe seru aja.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku paling suka arisan yang anggotanya pengertian begitu yang pada kompak bawain makanan dan cemilan. Iya, kita memang harus pintar memilih arisan mana saja yang sebaiknya diikuti, yang mana saja yang bisa dijalin silaturahimnya hanya dengan melalui chating grup supaya waktu dengan keluarga dan pekerjaan juga tidak terbuang kaan.

      Hapus

Subscribe