Contek Yuk Ide Sofa Kasual Ala Cozyhomeidea Yang Bisa Dirubah Sesuai Mood.

Kamis, September 06, 2018



Suka dengan sofa ini!
Sejak mulai di sketsa desain, progress di workshop sampai menjadi penghuni Cozyhomeidea, sofa kasual ini langsung menjadi tempat favorite keluarga, teman-teman bahkan anak-anak yang datang berkunjung.

Modular Sofa








Sofa kasual ini adalah sofa tanpa kaki yang dibuat terpisah setiap dudukannya atau single seat dengan tiga tipe dudukan, yaitu :
  • dudukan tanpa sandaran. Biasa dipakai sebagai stool untuk selonjoran kaki juga bisa berfungsi sebagai meja atau coffee table.
  • dudukan dengan sandaran.
  • dudukan sudut.
Di Cozyhomeidea sofa kasual ini diletakkan di atas dek kayu yang di finishing HPLsupaya tidak terlalu rendah dan memberi kesan ala tatami Jepang yang membuat sofa ini so asyik untuk diduduki, selonjoran bahkan tiduran.

Karena dibuat single seat atau dudukannya berdiri sendiri inilah yang membuat sofa kasual ini sangat fleksibel dalam penataan layoutnya. Karena bentuk sofa ini bisa di rubah sesuai keinginan maka sofa ini juga biasa disebut Modular Sofa.



Sofa kasual ini ,

Kita bahas kelebihannya dulu, yaitu:

  • Sangat fleksibel
Sofa kasual ini sangat fleksibel untuk di layout sesuka hati. Konfigurasinya bisa menjadi bermacam-macam bentuk, bisa L-Shape, U-Shape, atau di layout berhadap-hadapan.
  • Tidak ada batasan ruang
Dengan mudahnya bisa disesuaikan dengan ukuran ruang yang terbatas juga di ruangan yang luas.
  • Ramah budget
Sofa ini produksi workshop Cozyhomeidea yang harganya juga relatif disesuaikan dengan pemakaian bahan material busa dan kain jok. Tapi untuk sofa kami menggunakan busa yang sesuai standar keempukan dan daya tahan beban.
  • Mix and Match dengan pernik interior lainnya.
Di kombinasi dengan coffee table kayu juga bisa, dan dipermanis dengan bantal-bantal hias bermacam bentuk juga match koq.
  • Uniq dan sudah pasti eye catching!
Yang membuat sofa kasual ini uniq adalah selain bentuknya juga adalah bahan joknya. Karena setiap dudukan dibuat berdiri sendiri maka semakin its oke jika warna dan motif jok dibuat bervariasi tanpa harus dibuat sama disetiap dudukannya seperti pada sofa konvensional. Justru hal inilah yang semakain membuat sofa ini semakin eye catching.
  • Praktis untuk acara melantai
Jika di rumah ada acara yang perlu melantai melantai seperti Aqikahan, arisan, juga pengajian, sofa ini tidak perlu dipindahkan keluar rumah.
  • Extra bed
Masih ada satu lagi kelebihan sofa kasual ini yaitu bisa buat tempat tidur tambahan untuk tamu yang mendadak menginap di rumah.
Ha!
Jadi inget kejadian malam itu saat Farchan yang masih menjadi The Brondongs Kacci tiba-tiba kepengen tidur bersama kami karena di tinggal Fachri saudara kembarnya yang ikut Oma dan Opa jalan-jalan keluar kota.


Dan kekurangannya adalah,
Kalau bicara kelebihan tentu juga harus bicara kekurangan ya supaya seimbang.
Nah, kekurangan sofa ini adalah .... kurang biaya! hahahaa...
karena dibuat lebih rendah tanpa struktur kaki dan lengan maka pembuatan sofa ini sudah pasti berefek menekan budget.
Pada suka kaaaan dengan kekurangan yang ini.

Casual Living Style di Cozyhomeidea

Cerita dikit ya tentang Cozyhomeidea rumah kami yang sejak awal memang di konsep Casual Living Style. Santayy kayak di pantayy sayy .... bagi penghuninya juga   bagi siapa saja yang datang berkunjung.
Jadi, ruang tamu menjadi Big No buat kami karena bersifat formal dan jarang terpakai.





Ruang depan kami fungsikan sebagai Home Office iMom dan Om Brewok. Menjadi tempat kami bekerja, mendesain, meeting selain di kafe dan juga menerima klien.

Baca : 
Tips BerSoho - Small Office Home Office ala iMom.

Untuk tamu yang tidak begitu kami kenal dekat atau yang ingin merokok, tentu disediakan ruang untuk itu. Ada teras depan yang juga sebagai ruang duduk outdoor lengkap dengan kursi-kursi dan meja. iMom and the girls biasa ngeteh sore, ngemil, juga rujakan disini, atau makan-makan menu menu jajanan gerobak langganan kompleks yang selalu parkir depan teras ini. Sesukanyalah.
kebanyakan siih ruang ini dipakai ngobrol, main dan makan-makan oleh teman-teman The Brondongs Blues. Rame banget kalau anak-anak muda itu sudah ngumpul di depan.







Dan ruang dimana sofa kasual ini diletakkan menjadi satu-satunya ruang duduk di Cozyhomeidea.
Ruang santayy kayak di pantayy ini adalah ruang multi fungsi ya sebagai ruang nonton tv, ruang makan, sekaligus sebagai tempat menerima tamu karena setiap yang datang selalu memilih untuk langsung ke ruang duduk ini. Toh yang diajak ke rumah kami sudah pastilah orang yang sudah dikenal dekat.









Masih ada satu ruang dekat dapur yang juga sering berganti fungsi kadang sebagai ruang makan saat iMom memindahkan meja makan ke situ, kadang sebagai foyer tempat meletakkan buffet, kadang juga sebagai perpanjangan ruang duduk. Meja makan ini jadi tempat iMom memotret foto-foto hasil masakan.

 



Kapan-kapan main yuk ke rumah kita ngobrol dan ngeteh bareng.

Next time ya iMom cerita tentang hal-hal asyik apa saja yang mengikuti jika rumah di konsep open plan dengan meletakkan dapur di bagian depan, bukannya di sudut belakang rumah yang terisolir dari interaksi keluarga. Konsep trend rumah kekinian yang disesuaikan dengan lifestyle kaum urban.

Cozyhomeidea Going To HomeDecor Classes

Karena kami berencana dalam waktu dekat akan mengganti fungsi rumah dari hunian dan Home Office .... yeay! pindah rumah lagi nih ...  menjadi Home Office dan workshop untuk kelas art dan HomeDecor, maka kami pikir sofa kasual dan dek kayu ini sudah saatnya berganti dengan furnitur yang menunjang kelas kreatif. 
Lagipula jok atau upholstery sofa ini juga sudah mulai keliatan usang karena sudah terlalu sering menemani tamu-tamu selonjoran, gegoleran, dan tidur bebass disini.

Tapi semakin di liat-liat koq sayang juga ya karena sofa kasual ini sudah menjadi ciri khas suasana ruang di Cozyhomeidea yang mengusung tema Scandinavian Vintage Style.
Jadinya kami keep saja dengan pertimbangan sofa santai ini bisa menjadi daya tarik workshop kelas kreatif nantinya. Suasana belajar di kelas kreatif itu harus santai, menimbulkan kesan fun& fearless, dan pesertanya harus berasa happy seperti dirumah sendiri kaan.




Kalau untuk My Weekend Personal Project iMom lebih milih nge DIY nya di teras depan rumah saja tanpa  perlu melibatkan para tukang di workshop.

Baca : 
Bikin Sendiri Yuk -  
DIY Bantal Dudukan Kursi Teras, dan
DIY Bantal Dudukan Kursi Makan.


My Next Weekend Personal Project :

Ganti jok sofa atau slip cover yang bisa di buka pasang.

So, sofa kasual ini perlu di touch up untuk merubah suasana ruang menjadi lebih cerah dan bersemangat tanpa keliatan terlalu rame.
iMom tentu memilih cara simple yang minim budget yaitu dengan membuatkan jok baru atau slip cover yang bisa di buka pasang dengan pilihan beberapa warna dan motif yang disesuaikan dengan tema desain ruang kelas kreatif nantinya. yuuk ... mari kita nge DIY lagi.

Opsi membuat slip cover ini adalah cara paling cocok dengan penghuni rumah yang selalu kepengen merubah suasana rumah secara berkala, seperti iMom yang bawaannya dikit-dikit sorong dan bentar-bentar geser furnitur rumah. Karena dibuat ringkas tanpa kaki dan sandaran lengan maka sofa kasual ini tinggal di sorong kemana suka. Bahkan pernah saat iMom mesti stay di rumah dengan tongkat karena karena gak bisa jalan abis keseleo di tangga dan bosen melanda jadi tahanan rumah, iMom masih bisa tuh sendirian merubah suasana ruang  dengan merubah layout sofa kasual ini.
So fleksibel ya.

Nah, yang menjadi pertanyaan sekarang adalah .....
Enaknya di style gimana ya sofa kasual ini supaya bisa matching dan menceriakan ruang kelas kreatif HomeDecor nanti?
Bantu saran dong ya.
Beberapa contoh Modular Sofa yang inspiratif dari file Pinterest :









Dan berikut ini ada beberapa pilihan alternatif warna dan motif yang akan iMom pakai untuk jok sofa kasual nanti, dari file Pinterest iMom :
  • Bunga Biru Turquoise dan Biru Polos, atau


  • Bunga Lemon Abu dan Lemon Polos.






  • Yang jelas warna Abu Tua cenderung hitam polos ini menjadi warna dominan dudukan sofa.




Dek kayu sudah pasti juga berganti motif, walaupun iMom belum memutuskan apakah akan di veneer HPL dengan motif serat kayu yang lebih natural ala alas foto para food blogger, ditempel stiker motif tegel Kunci ala kafe, atau di karpet dengan rumput sintetis bernuansa outdoor.
Masih belum juga menentukan pilihan.

Deadline desain ruang kelas HomeDecor dan touch up sofa kasual ini nanti setelah kerjaan dapur yang lagi di bongkar ini kelar dikerjakan.
Aah masalah lagi...
Air hujan merembes dari sambungan atap ke dinding belakang kabinet dapur yang bersebelahan dengan dinding tetangga. Ini masalah klasik di banyak rumah kaan.
Kabinet dapur bagian belakang yang menempel ke dinding menjadi lapuk sekaligus menjadi celah ruang bagi tikus mondar-mandir ke dalam kabinet dapur.
Pernah suatu pagi iMom dibuat menjerit kaget saat membuka pintu kabinet dapur mendapati tikus tidur diatas bungkusan stok piring kertas dan yang satunya lagi meloncat ke arah iMom!
Parah dan bikin semangat masak langsung drop shay.
Jadi, benerin atap, dinding dan kabinet dapur menjadi fokus iMom sekarang ini. Setelah itu lanjut ke kerjaan sofa.

Tapi seperti biasa jika kerjaan milik sendiri iMom selalu punya banyak alternatif desain sampai bingung sendiri, menabrak deadline karena suka menunda kerjaan dan akhirnya malah gak kelar-kelar. Semoga my next weekend personal project yang ini tidak ya karena kelas kreatif HomeDecor sudah mendesak untuk segera dimulai.

Kalau waktunya keburu rencana jok sofa atau slip cover yang bisa di lepas pasang ini mau iMom jahit sendiri saja sekalian dibikinkan tutorialnya, tapi kalau waktunya gak keburu ya tinggal di kirim ke workshop saja.

Bikin sendiri yuk!



 
So, anggap aja ini postingan before sebelum sofanya kelar berganti jok sebagai postingan afternya.
iMom survey material joknya dulu ya.
Untuk belanja produk interior iMom lebih suka belanja di toko material lokal supaya punya gambaran jelas warna dan motifnya sekaligus bisa meraba sendiri tekstur bahannya seperti apa. Ada juga sih beberapa akun pilihan yang menjual material jok sofa tapi untuk belanja online produk interior imom jadikan sebagai alternatif pilihan terakhir saja.

Sofa kasual yang bentuknya bisa di rubah sesuai mood ini memang membuat ruangan kelihatan berbeda.
Suasana rileks jauh dari kesan ruang tamu yang formal membuat rumah terasa lebih welcome pada setiap yang berkunjung.
Ada yang mau ikutan ruangannya dibuat tampil eye catching dengan sofa kasual plus dek kayu ala iMom ini?
Silahkan langsung ke email ya.
Atau ada yang mau bantu saran untuk nentuin pilihan bahan jok sofa supaya my weekend personal project ini cepat kelar dan segera di posting?
iMom tunggu di kolom komentar.
Yuk, sekian dulu ya.


Salam Kreatif,
Be Happy, Be You.























































You Might Also Like

21 komentar

  1. modular sofa nya keren yah, kayaknya pas deh di ruang tamu ku hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pas koq mbak untuk ruang apa saja. Hahaha menurut iMom yaaa.

      Hapus
  2. Wuiss keren ... keren ... keren

    Suka dengan sofanya, sepertinya enak sekali untuk membaca sambil selonjoran.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih kaka Dawiah. Iyaaa, sofa ini memang buat yang suka duduk selonjoran koq. Yuk main ke rumah ya kaka.

      Hapus
  3. Sofa modular multi fungsi ya, bisa jadi sofa bed kala tamu datang. Rumahnya cakep euy, banyak pernak penik instagrmable ��.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini sofa andalan guweh banget. Sesuai dengan konsep Cozyhomeidea yang santayyy kayak di pantayyy. Hayuk atuh teh pepotoan disini.

      Hapus
  4. Wah rumahnya nyaman banget... dan sangat menginspirasi ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasiih Wani say. Semoga postingannya juga membawa inspirasi yaaa.

      Hapus
  5. Ditunggu undangan ngetehnya iMom ��
    Tapi saya jadi galfok dengan kalimat The Brondong Kacci itu, hahaha..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Segeraaaa mamie sayang. Setelah kelar ini dapurnya di pasang lagi yaaa. hehehe... dulu sebutan mereka memang masih The Bondongs Kacci, masih bau asem matahari dan sangat karemossss.

      Hapus
  6. Suka warna sofa casual itu yang hijau krem kembang. Iihh... adem banget. Pun yang bikin senang bisa diatur sesuai bentuk yg diinginkan. Kereenn... iMom

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasiih kaka Abby. Motif flora apalagi warna hijau memang selalu sukses bikin adem ya.

      Hapus
  7. Eh ada Kak Illy

    Kreatif ta', Kak.

    Saya suka sofa yg hijau 😍

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Niar, Illy itu soulmateku selalu ketemuan setiap balik ke Indonesah. Berarti kita se selera yaa suka sofa yang hijau.

      Hapus
  8. wah sofanya keren, multi fungsi banget yah kakak dan paduan warnanya juga bagus loh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih ya Indah. Sofa yang penting unsur nyamannya terpenuhi ya, keren bisa no dua deh.

      Hapus
  9. Suka detail rumahnya kak, love banget, kelihatan yang punya kreatif dan telaten banget. Saya kok salfok yang ditaman belakangnya kak, itu tanaman hidup yah ??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasiih sudah suka sama rumahnya. Tanaman di tembok teras belakang itu tanaman artifisial koq sengaja di pasang disitu karena dindingnya lembab.Tapi memang dipilih yang daunnya lebih bagus.

      Hapus
  10. Keren-keren mba disainnya, paling suka sama sofa yang kasual gini, keliatannya lucu, cozy tapi juga nyaman :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, fungsi sofa kan yang penting nyaman. kalau untuk di rumah ini memang dipilih sofa yang kasual supaya yang datang bisa lebih santai.

      Hapus
  11. ampuuun, kreatif banget. bisa jadi ide nih buat di rumah

    BalasHapus

Subscribe