Birthday Party Seru Dengan Klapertaart, Pe Saadaap Doe.

Jumat, April 10, 2015


Postingan foto-foto menu di milad party mamie kemarin mendapat banyak ping, inbox dan chat di setiap platform chatting nanyain resep kapertaart, tuna cheese bruchetta dan macaroni schotel. waduh! pada doyan rupanya ya.
baiklah, kali ini sesuai dengan janji di postingan milad kemarin saya akan posting satu-persatu resepnya., mulai dari klapertaart dulu oke?


Ada beberapa versi klapertaar yang kita kenal, ada yang suka klapertaart versi dingin ala Hana's Klapertaart, , dan ada juga yang suka versi di kukus yang menggunakan roti tawar. Tergantung selera ya, yang jelas semuanya  tetap enak.


Bahan-bahan yang dipergunakan relatif sama dengan resep bikinan yang lain jika kita googling. Yang membedakan adalah ketika dibuat, atau cara membuatnya yang tentunya disesuaikan dengan taste masing-masing yang walopun resepnya sama tapi hasil dan rasanya berbeda. 
Misalnya di resep tertulis mentega 75 gram, tapi ketika sedang mengaduk adonan dan mencicipi, ternyata kita menambahkan mentega lagi beberapa sendok makan, begitu juga dengan takaran susu yang di resep tertulis 500 ml2 tapi bisa menjadi 750ml2 bahkan juga dikurangi jika selera tidak ingin terlalu eneq.

Keluarga kami lebih fave  klapertaart versi di panggang dengan tekstur seperti puding padat yang bisa di potong juga bisa di sendok.



Bahan-bahannya:
125 gr tepung, 175 gr gula pasir, 50 gr susu bubuk ( bisa juga 500 ml susu cair), 3-5 butir daging kelapa muda, 600 ml air kelapa (relatif ya, kalau mau teksturnya lebih keras bisa dikurangi), 4 butir kuning telur, 75 gr mentega, vanilli.



Susunan titipan pirex menunggu diisi khusus untuk dibawa pulang. 

Cara Bikinnya:
Campur susu, gula, tepung, dan aduk rata. Masukkan kuning telur, aduk lagi.
Masak di atas api sedang sampe kental, tambahkan kelapa, vanili. Jika adonan masih kental bisa ditambahkan air kelapa.
Di tempat terpisah, kocok putih telur dan gula,
Tuang adonan dalam cetakan, hias dengan kenari, kismis, taburan kayu manis dan kocokan putih telur.

Panggang dalam oven oven sampai kecoklatan.



Beberapa tips dari saya yang selalu sukses adalah jangan ragu menambahkan takaran mentega, susu dan gula karena rasanya pasti akan semakin enak. Untuk takaran tepung sebaiknya sesuai resep saja, dan mengaduk adonan sebaiknya menggunakan sendok kayu dan harus selalu satu arah supaya rasanya tidak asam. 
Oh ya, untuk yang suka rhum bisa di tambahkan di fase ini, setelah api dimatikan.



Taburkan kayu manis bubuk, hias dengan kenari atau almond, kismis dan kocokan kaku putih telur sebelum di panggang.



Klapertaart matang sempurna setelah di oven sekitar 10 menit - setengah jam.


Untuk alternatif taburannya selain kayu manis bubuk bisa juga dengan cokat bubuk. Di makan selagi hangat dengan cara di sendok bisa, di makan selagi dingin dengan menambahkan es cream vanilla juga oke.

Dan selalu ada yang disisihkan dan di antar ke rumah beberapa kerabat yang tidak ikut hadir di acara milad mamie.
 

Klapertaart lekkers siap dinikmati.

You Might Also Like

4 komentar

  1. Lekker dech kayaknya...sayang kelapa segar susah didapat di Pittsburgh...nanti yach bikin bareng kalo aku mudik ke Indo

    BalasHapus
  2. Lekker dech kayaknya...sayang kelapa segar susah didapat di Pittsburgh...nanti yach bikin bareng kalo aku mudik ke Indo

    BalasHapus
    Balasan
    1. LY, ada dijual disana kelapa muda kalengan. bentuknya lebih gemuk dari mie. Iya nanti klo mudik kita biki bareng disini ya. makasih sudah berkunjung Ly.

      Hapus
  3. wow, artikelnya lengkap banget ya, mulai dari awal hingga akhir, mantep deh buat dokumentasinya.

    BalasHapus

Subscribe