Aku dan Bosowa Semen

Rabu, Agustus 30, 2017




Indonesia-Tourism.com


KARST MAROS
Tebing-tebing karst berderet di kejauhan dalam perjalanan menuju Maros - Pangkep ke lokasi pabrik Semen Bosowa. Wow!
Gugusan pegunungan batu gamping yang kokoh menjulang seluas lebih 40 hektare yang disebut sebagai yang terbesar dan terindah kedua di dunia setelah China Selatan ini, separuhnya masuk dalam kawasan Taman Nasional Bantimurung ditambah beberapa kawasan hutan lainnya, yaitu Bantimurung, Leang-Leang, Air Terjun Mallawa, Biseang Labboro, Leang Lonrong dan Gunung Bulusaraung Pangkep. 

Separuhnya lagi, yaitu kurang lebih sekitar  20 hektare menjadi kawasan hutan lindung dan hutan produksi yang dikelola oleh hak guna usaha pertambangan yang salah satunya adalah Semen Bosowa.

Kebayang kaan jika batu gamping yang kokoh itu di olah menjadi bahan baku Semen Bosowa.

MEDIA GATHERING DAN 
PLANT VISIT


Sabtu itu iMom dan beberapa teman blogger Anging Mamiri serta jurnalis Makassar dari media cetak, elektronik dan televisi, memenuhi undangan Semen Bosowa untuk menghadiri media gathering dan plant visit kawasan Pabrik Semen Bosowa di desa Barugae Maros.

Managing director Rachmat Kaimuddin dan beberapa direksi Semen Bosowa menerima kami dalam suasana kasual yang akrab.
Beliau menjelaskan sejarah berdirinya Semen Bosowa yang dimulai dari idealisme dan sikap pantang menyerah bapak Aksa Mahmud sebagai pendiri dan sekaligus pemilik, kedudukan Semen Bosowa dalam skala nasional, serta proses pengolahan semen dari mulai persiapan bahan baku sampai pengeluaran semen, yang dilanjutkan dengan plant visit ke lokasi pabrik.




Matahari tepat di atas kepala saat  iring iringan dua bus, mobil direksi, dan mobil pabrik, memasuki lokasi pabrik yang luasnya 1.100 hektar untuk melihat lebih dekat proses pembuatan Semen Bosowa.

Perlahan iring-iringan mulai mengitari area Line 1, area peledakan batu sebagai persiapan bahan baku yang disebut Cruching Plant, penyiapan raw material atau bahan setengah jadi yang disebut Raw Material Storage And Preblending, Corrective Material, penyiapan Klinker, dan penggilingan semen.
Deru mesin produksi memenuhi seluruh area pabrik.
Lanjut menuju Line 2, penggilingan semen, pengepakan, sampai ke pengeluaran semen.

Foto bersama dengan pimpinan dan beberapa direksi Semen Bosowa.

Beberapa proyek infrastruktur Semen Bosowa :

Semen Bosowa telah banyak berperan penting dalam pengadaan infrastruktur tidak hanya di Sulawesi Selatan tetapi juga dalam skala Nasional.
  • Bandara Internasional Sultan Hasanuddin, Sulawesi Selatan
  • Bandara Lombok
  • Bandara Balik Papan Sepinggan
  • Bandara Ngurah Ray Bali
  • Ringroad Danau Sentani Jayapura
  • Universitas Batam
  • Menara Bosowa Makassar, Sulawesi Selatan
  • Jalan Tol Seksi 4, Sulawesi Selatan
  • Bendungan Bili-Bili, Gowa, Sulawesi Selatan. 
  • Jembatan Mahakan, Kalimantan Timur
  • PLTU Jeneponto, Sulawesi Selatan
  • PLTU Takalar, Sulawesi Selatan, dan lain-lain.

RESOLUSI 2017
Diakui oleh management Semen Bosowa bahwa tahun 2017 ini merupakan tahun yang cukup berat bagi industri semen nasional termasuk Semen Bosowa. Hal ini disebabkan oleh rendahnya permintaan pasar sehingga pertumbuhan pasar tidak sesuai dengan harapan.

Untuk meningkatkan kinerja perusahaan, Managemen Bosowa Semen telah melakukan beberapa langkah strategis, yaitu:
  • Menjajaki pasar ekspor ke Australia, Asia Selatan dan Tenggara untuk mensiasati kelebihan pasokan semen.
  • Memberikan bantuan berupa beasiswa pada masyarakat sekitar sebagai alternatif bantuan penerimaan tenaga pekerja.


Bosowa.co.id
  • Melakukan rebranding, dari Semen Bosowa menjadi  Bosowa Semen.

dengan tujuan  menaikkan semangat kerja 1700 karyawan yang bernaung dibawahnya.


RUMAHKU DAN BOSOWA SEMEN

Beberapa kali dipercayakan membangun rumah, baru sekali ini iMom melihat lebih dekat proses pembuatan semen yang menjadi bahan baku utama pembuatan rumah tinggal.


Ada dua hal yang iMom garis bawahi dari media gathering kemarin. 

Pertama adalah kekuatan Bosowa Semen.
Dijelaskan bahwa Bosowa Semen mempunyai kekuatan daya tekan dan juga mempunyai sifat yang cepat kering. Dua hal yang sangat berperan penting dan menjadi hal yang sangat diandalkan untuk pekerjaan mega proyek seperti pengadaan infrastruktur juga pembuatan residensial seperti pembangunan rumah tinggal. Semakin tinggi daya tekan maka bangunan akan semakin kuat dan kokoh.

image dari Shutterstock.


Syarat membangun rumah yang kuat.

Kekuatan daya tekan menjadi perhatian utama karena semen adalah bahan utama atau komponen utama dalam pembuatan rumah tinggal khususnya pembuatan pondasi dan kolom bekisting yang sebagai penopang beban struktur yang sangat menentukan kekuatan dasar sebuah bangunan.

Selain digunakan dalam pekerjaan pembuatan pondasi, semen juga menjadi bahan yang digunakan untuk merekatkan batu bata atau batako dalam pekerjaan pembuatan dinding, pekerjaan plesteran dan acian, pekerjaan lantai nat ubin dan keramik, pembuatan lantai beton, pekerjaan yang bersifat dekoratif, juga digunakan sebagai bahan pengeras yang dikerjakan dengan menggabungkan bahan-bahan bangunan lainnya.

Disamping teknik pengerjaan yang harus sesuai standar cara membangun, yang juga perlu diperhatikan adalah  perbandingan campuran semen yang takarannya sering dikurangi dengan alasan penghematan bahan. 
Hal ini sangat berdampak pada kekuatan rumah yang berakibat :
  • tidak mempunyai daya tahan terhadap pengaruh cuaca dan suhu
  • retak struktur balok dan kolom
  • retak rambut pada dinding rumah
  • cepat keropos
  • dan lembab
Salah memilih semen sama dengan mempertaruhkan kualitas dan daya tahan rumah yang akan dihuni. Sayang kaan jika rumah sudah indah dari segi desain, sudah juga mengeluarkan biaya yang tidak sedikit dari mulai pembelian tanah dan pematangan lahan, biaya desain dan perijinan, proses konstruksi, finishing sampai mengisi perabotan, jika rumah yang dihasilkan kekuatannya tidak sebanding dengan biaya besar yang sudah dikeluarkan.

Disinilah pentingnya menggunakan semen dengan kualitas yang baik seperti Bosowa Semen berlogo SNI  yaitu standar nasional indonesia juga internasional yaitu Eropa dan Amerika Serikat, harga terjangkau, pelayanan yang baik, serta kualitas yang tidak diragukan seperti cepat kering, tidak menggumpal, campuran lebih rapat dan rekat ketika digunakan.
Hal ini yang membuat Bosowa Semen tidak hanya menjamin kualitas kekuatan rumah yang tahan lama tetapi juga bisa menekan biaya pembangunan rumah menjadi lebih efektif dan efisien.

Bahkan Bosowa Semen mengadakan program konsultasi gratis di pameran real astate yang pernah diselenggarakan di Batam, kota yang juga menjadi salah satu lokasi pabrik Bosowa Semen.
Konsultasi gratis Membangun Rumah Impian Bersama Bososwa Semen yang diberikan meliputi konsultasi desain rumah, cara membuat Rencana Anggaran Biaya yang efisien dari segi bahan, waktu, tenaga kerja dan biaya, termasuk juga memberikan referensi tenaga ahli konstruksi dan tukang profesional yang dekat dengan jangkauan masyarakat sesuai dengan wilayah masing-masing.

Tips cara menyimpan semen:
  • simpan semen di ruang yang terlindung dari matahari dan hujan agar tidak rusak dan mengeras.
  • letakkan di bidang yang datar dan rata, kalau perlu dialas dengan tripleks yang diberi ketinggian supaya tidak bersentuhan langsung dengan tanah.
  • walaupun kantong semen sudah dibuat kuat dan tahan beban berat, menumpuk semen diusahakan tidak lebih dari 10 kantong saja.
  • dan pastikan menggunakan Bosowa Semen ya.

KEPEDULIAN BOSOWA SEMEN PADA LINGKUNGAN SEKITAR PABRIK


Hal kedua yang iMom garis bawahi dari media gathering kemarin adalah kepedulian Bosowa Semen pada lingkungan di sekitar pabrik khususnya desa Barugae dan desa Tukamasea, Kecamatan Bantimurung.

Kita tahu bahwa keberadaan pabrik besar dalam beroperasi tentu membawa konsekuensi bagi dampak lingkungan dan masyarakat sekitar, yaitu menghasilkan wabah penyakit akibat limbah gas buangan dan limbah debu dari proses produksi yang berdampak pada kesehatan dan kerusakan ekosistem lingkungan, juga dampak tingkat kebisingan dan getaran mekanik di sekitar pabrik.

Hal ini telah menjadi perhatian management Bosowa Semen dengan melakukan sistem 
pengolahan limbah pabrik sejak dari limbah dihasilkan sampai di musnahkan, from cradle to grave, dengan melakukan pengelolaan pengolahan limbah secara internal sesuai dengan regulasi dan kompetensinya.
Area pabrik juga telah dilengkapi dengan alat penangkap debu untuk mengendalikan emisi debu yang dihasilkan dari proses produksi.

Selain pengolahan limbah produksi dari pabrik, Bosowa Semen juga secara reguler memberikan bantuan kepada desa-desa di sekitar lokasi pabrik berupa bantuan pemberian semen, pengembangan SDA dan SDM,  dan ikut mensupport kegiatan dan program masyarakat seperti pembuatan jalan beton dan gorong-gorong.


Pada kesempatan media gathering dan plant visit kemarin management Bosowa Semen juga menyerahkan sumbangan kepada desa Barugae, desa Tukamase, Kecamatan Bantimurung, berupa:

  • Bantuan semen reguler.
  • Pembuatan 383 unit jamban untuk sanitasi berbasis masyarakat, dan
  • Pembinaan 13 kelompok wanita tani.


KEBUN BUAH NAGA 
DI AREA PABRIK?


iMom surprise melihat lahan yang ditanami  buah naga ini di area pabrik.
Sampai di rumah iMom browsing mengenai tanaman buah naga milik Bosowa Grup ini.
Ternyata buah naga sudah ditanam di lokasi perkebunan buah naga dalam kawasan perkebunan seluas 27 hektare di kecamatan Palangga kabupaten Gowa. 
Kawasan buah naga milik Bosowa Agro Industries ini menjadi daya tarik sebagai kawasan agro wisata.

Menanam bibit buah naga sebagai salah satu tanaman yang bernilai ekonomis adalah salah satu program mencintai dan bentuk kepedulian Bosowa pada lingkungan di bidang agrikultur.

Selain bidang agrikultur, Bosowa Grup juga mempunyai unit usaha di bidang otomotif, properti, pendidikan, keuangan, energi, serta media dan olah raga.


DO ACTION

Sama seperti Bosowa Semen yang do action melakukan gerakan peduli lingkungan, baiknya kita juga ikutan do action melalui langkah kecil tapi berarti  dimulai dari dalam rumah sendiri.

Beberapa langkah kecil tapi berarti dalam gerakan peduli lingkungan bersama Bosowa Semen :


Reduce, reuse and  recycle. 

Pernah dengan gerakan melestarikan lingkungan yang memanfaatkan kembali barang bekas kan?

Dengan kantong semen kita juga bisa ikut serta melakukan gerakan cinta lingkungan ini.

Sisa semen tak terpakai? 

Bisa dibuat pot kolam mini penghias meja atau pot-pot mini untuk wadah tanaman penghias interior seperti kaktus dan sukulen yang sedang kekinian.

Kantong Semen

Suka berkebun di rumah? 
Manfaatkan lahan sekecil apapun di rumah  dengan bertanam. Bisa dengan sistem vertikal garden jika lahan rumah terlalu sempit untuk berkebun. 

Kantong semen bisa dijadikan pupuk juga sebagai pot pengganti polibag.
Dan satu lagi manfaat kantong semen yaitu bisa di daur ulang menjadi produk kreatif bernilai ekonomis seperti produk fashion karena sifat bahan ini yang tahan air, kuat menampung beban berat dan teksturnya yang khas mirip kulit.
Caranya, bersihkan kantong semen, celupkan ke dalam air mendidih dan beri pewarna sesuai keinginan. 
Prosesnya mirip seperti membatik. Keringkan dan setrika. Bahan siap di jahit menjadi tas, sepatu, dan dompet.  Tertarik mencoba?

Pemanfaatan limbah kantong semen ini sangat sesuai dengan misi perusahaan Bosowa Semen yaitu memberi berkah pada masyarakat dengan membangun kepeloporan ekonomi nasional.

iMom, kita bersama, 
dan Bosowa Semen.


Sekarang sudah yakin kaan bahwa  rumah yang kita huni telah kuat dan tahan lama bersama Bosowa Semen?

Sudah juga ikut serta dalam gerakan peduli lingkungan bersama Bosowa Semen.

Jus buah naga buatan iMom dari Dapur Cozyhomeidea

Nah, perasaan aman dan nyaman sebagai penghuni rumah tentunya harus diikuti dengan menjadi sehat untuk meningkatkan hidup menjadi lebih berkualitas. 
Salah satu cara sehat ala iMom yaitu rajin mengkonsumsi buah naga yang bisa di minum sebagai smoothie, jus, es buah, atau di buat salad buah. Mmm.. yummy. 


Sebagai warga Makassar, iMom dan kita semuanya, tentu berhak merasa bangga akan keberadaan Bosowa Semen yang sudah banyak mengambil peran penting dalam pembangunan infra struktur nasional juga ikut serta dalam memajukan daerah Sulawesi Selatan.

Bosowa Semen
Berdiri Keras Dan Kuat

Salam Kreatif
Be Happy, Be You.



You Might Also Like

14 komentar

  1. Tulisan Imom disertai tips-tips yang keren. Tips menyimpan semen adalah tips yang sangat berguna sekali. Saya kalau merenov rumah, sisa semen kadang di minta tukang langganan. Gapapa juga sih daripada di simpan nanti membatu. Good luck Imom, semoga jadi pemenang ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin YRA.
      Saya baru kali ini ikut lomba Wie. Soal menang kalah itu rahasia yang kita belum tahu yaa, tapi soal ikutan lomba yang efeknya bikin kita jadi semakin rajin update postingan. ulasanmu juga mantap Wie, detail banget.

      Hapus
  2. Aku dan kau.... pakai bosowa semen untuk membangun. Rumahku.pun dari bosowa semen

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku dan kau....Saya kira ngajakin minum susu nih bu guruku Abby cantik sekali.

      Hapus
  3. dari rangkaian kegiatannya, saya paling exciting dengan lokasi proyeknya. Saya heran bagaimana pekerja dan mesinnya bisa dioperasikan secara 24 jam penuh. Dan saya salut bagi pekerja lapangannya yang siap bekerja di tempat yang terik sekali dan juga berdebu, benar-benar tidak terbayangkan. Satu lagi, ternyata ada juga kebun di dalam pabrik, saya kirain semua yang ada di lokasi industri adalah alat-alat berat ternyata saya salah sangka.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya juga exciting di plant visit lokasi pabrik semen kemarin, walopun cepat sekali nyerah dengan panasnya karena muka sudah merah kayak kepiting rebusss.
      Banyak hal positif yang di peroleh ketika berkunjung kemarin, kita jadi tahu bahwa Bosowa Semen punya hal banyak yang membuat kita masyarakat Sulawesi Selatan khususnya Makassar boleh berbangga memiliki semen ini disini.
      btw, saya koq susah ya BW karena postingan Bosowa gak ada di antara postingan Hive Coworking Space yang terus berulang di Google+ nya.

      Hapus
  4. Wah makasih tips cara menyimpan semen, iMom 😍 keren yah di area pabrik bisa ada pohon buah naga berjejer gitu..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Alfu, sekedar berbagi tips untuk hal-hal yang sering dalam keseharian. Awalnya saya juga surprise dengan kehadiran si kebun naga di tengah pabrik.

      Hapus
  5. Selalu salut sama perusahaan besar yang juga peduli lingkungan dan peduli warga sekitar. Dengan memperhatikan pengolahan limbah yang baik, tentu meminimalisir dampak negatif ke lingkungan dan warga sekitar. Nice Sharing, Kak Nov :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasiih Ndy Pada, semoga sharingnya membawa manfaat ya.

      Hapus
  6. Wah serunya perjalanannya iMom. Sayangnya waktu itu ada kegiatan lain juga, jadi tidak sempat ikut. Ternyata semen yang kita beli prosesnya panjang ya dan salut dengan Bosowa Semen dengan program Green Industrynya.
    Good Luck iMom

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasiih Inar, walopun waktu itu tidak sempat ikutan ke pabriknya yang penting bisa ikutan lombanya kaan. Saya sudah baca postingannya wah kerennya penekanan pada DIY kesukaanku.

      Hapus
  7. imooomm keren ulasannya begini ttg bosowa ahhh mundur teraturma saya nda selesaika hiks hahaha goodluck imom sukses selalu berdiri keras dan kuat dalam kehidupan ! Yeayyy mantapp

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasiih Qiah.
      Pantesan semalam saya cari-cari di grup mana ini link nya Qiah. Mau ka BW. Tanggal deadlinenya juga pas dengan persiapan masuk Lebaran di banyak yang mau pada mudik juga.

      Hapus

Subscribe