7 cara asyik menjadi sehat dan bahagia di usia midlife ala iMom.

Jumat, April 07, 2017

Java Jazz 2017
iMom masih mager ini efek pulang jalan-jalan ke luar kota yang kali ini waktunya lebih panjang hampir sebulan.
Di mulai dari nonton Java Jazz di Jakarta bersama om brewok, the brondongs blues dan dua ponakan yang lagi kuliah di Jakarta, lanjut bersama om brewok nyusul ke Bandung sekalian nengokin the brondongs blues satunya lagi yang gak bisa ikutan nonton jazz karena lagi mentas di acara organisasinya dan menemani mereka mid test walopun iMom tinggal di hotel. Om brewok balik ke Makassar, iMom lanjut ke Depok, Jakarta, Bogor, Jakarta lagi, dan balik ke Makassar.
Baca juga: Makassar Jazz Festival 2016

Hotel Grand Tebu Bandung. 
Cukup melelahkan berpindah kota, eksplore kota utamanya kuliner lokal, tempat wisata dan kafe tematik, termasuk sampe tujuh kali berpindah hotel. Kayaknya mesti milih nih hotel yang mana saja yang mau dibuat reviewnya nanti ya.

Rame-rame di The Nanny's Pavilion Bandung.
Karena jalan-jalan kali ini masih bersama para ponakan kuliah, sisters yang juga nyusul dan satunya lagi karena kebetulan tugas kantor, jadinya kita sekalian holiday rame-rame di sela kesibukan masing-masing. Rame, heboh dan ceria.
Buat iMom pribadi, jalan-jalan adalah hal penting utamanya di usia seperti sekarang ini, walaupun di semua usia juga butuh jalan-jalan atau sekedar refreshing.
Selain meng eksplore tempat-tempat baru, kuliner khas, hunting pernik dan suasana lokal, belakangan ini iMom selalu mencari kafe lokal yang tematik. Seperti antara lain kafe interior di Canggu Bali, Bakery and pastry artisan lokal di Ubud, warung sate asli enak yang di kelola bule depan hotel tempat kita nginap, juga kafe bertema buku dan barang vintage di Bandung. Ada kepuasan tersendiri menemukan tempat-tempat menarik seperti ini apalagi jika tempat ini ditemukan secara tidak sengaja tanpa searching sebelumnya di Instagram seperti biasanya.
Sebenarnya masih kepengen tinggal berlama-lama di Bandung dekat dengan kembar kesayangan, tapi iMom kan harus juga membagi diri dan waktu dengan om brewok di Makassar. Lagipula sudah hampir sebulan meninggalkan rumah. Sudah kangen dengan suasana rumah dan rutinitas harian.

Jika sedang bepergian atau jauh dari rumah, iMom menjaga bugar dengan :
  • memilih baju yang bahannya menyerap keringat, pola longgar, kudung simple yang bisa di mix and match,
  • sendal dan sepatu yang nyaman,
  • banyak minum air putih, 
  • sebisanya memilih menu yang ada sayur dan buah karena tau sendiri kaan menu liburan itu selalu maunya yang enak tapi belum tentu sehat, 
  • minum vitamin, 
  • selalu mengambil jeda untuk beristirahat sejenak,
  • dan tidur tidak terlalu larut.
Jadi jika bepergian dari pagi sampai larut malam sekarang diusahakan itinerarynya ada jeda untuk slow down di kafe atau di tempat yang bisa duduk rileks, nyaman dan sebisa mungkin good view. Tubuh dan kaki ini harus diberi istirahat.
Lagipula, di usia jelang midlife ini iMom haruslah pintar menjaga mood dan kesehatan yang saling mempengaruhi. Mood tidak cerah bawaan badan jadi berasa kurang enak, demikian juga sebaliknya. Jika badan tidak fit maka mood juga ikutan down. Jadi harus pintar menjaga keseimbangan jiwa dan raga ya istilah kerennya begitu kira-kira.

Berikut tips ala iMom menjaga sehat dan tetap bahagia di usia jelang midlife.
  1. Olah raga. 
Untuk orang di usia jelang midlife seperti iMom, rutinitas 30 menit berjalan kaki atau treadmill dengan kecepatan sedang yang dilakukan setiap hari itu banyak manfaatnya, antara lain untuk menjaga kebugaran, menghindari osteoporosis, memelihara kesehatan jantung, mengatur tekanan darah dan kadar gula darah, bikin tulang kuat tidak cepat osteoporosis, membakar kalori, sekaligus menjaga kesehatan mental supaya tidak cepat pikun dan menghilangkan stress.
Kecuali hari Sabtu dan Minggu ya yang yaaah begitulah kalo weekend jadwal suka berantakan diisi acara dan undangan, juga suka sarapan berlama-lama berdua om brewok sambil ngobrol santai. Itu juga jadi salah satu (aah) alasan iMom jarang Car Free day karena ya itu tadi pengennya pagi weekend tidak diisi jadwal yang terburu-buru karena toh setiap hari bisa tetap 30 menit di treadmill.*smile

Speed atau kecepatan treadmill iMom juga sudah tidak seperti dulu yang harus diatas 35 km/jam sampai banjir keringat dan napas ngos-ngosan.  Sekarang ini speednya di jaga perlahan saja seperti jalan cepat atau langkah jogging. Kalo kemarin nge treadmill harus sambil nonton tv supaya gak berasa capeknya dan dikit-dikit nengok monitor, dengan speed yang diatur seperti berjalan cepat ini iMom masih bisa sambil buka Pinterest, Instagram atau FaceBook.  Sekarang malah berasa buang waktu jika pagi hari scrolling sosial media tanpa di sertai treadmill, minimal bisa 30 menitan kegiatan bersosmednya di scrool dari atas treadmill.

Bebek di Tepi Sawah Ubud
Soal menurunkan berat badan itu sudah bukan tujuan utama lagi. iMom sudah nyaman koq dengan body poco-poco aduhay begini, walopun kalo dengan rutinitas ini kemudian berat badan atau baju yang dipake jatuhnya lebih enak, dan satu dua teman mengatakan ada perubahan sedikiiit lebih langsing, tentu siapa sih yang tidak senang. Anggap aja bonus ya.
  • banyak minum air putih
Terlepas dari kegunaan banyak minum air putih bagi sistem internal tubuh dan metabolisme, konsumsi air putih iMom memang sudah tinggi sejak jaman kenal haus dulu.

Segelas air putih dan bamboo smiling coaster. 
*Dapur Cozyhomeidea
Setiap pagi setelah bangun tidur hal pertama yang dilakukan adalah duduk manis di kursi depan dispenser untuk dua gelas air putih. Kadang air putih hangat tapi lebih sering air putih suhu ruang. Kalo pergi-pergi iMom selalu pastikan tersedia stok beberapa botol besar air putih dalam kamar hotel. Delapan gelas air putih sehari? kayaknya lebih ya.

Teh Hijau. *Dapur Cozyhomeidea
Juga teh hijau tanpa gula yang jadi fave iMom.
Ngomong-ngomong soal teh, iMom fave segala jenis teh dan sering mengundang teman-teman dekat untuk ngeteh di dapur Cozyhomeidea.

Lemon Infused Water. *Dapur Cozyhomeidea
Dan ya,  infused water tentunya yang sebisa mungkin diminum rutin minimal tiga kali dalam seminggu. Potongan buah yang diiris tipis ini selain rasanya enak dan menyegarkan mempunyai efek detoks bagi tubuh,  melancarkan pencernaan, mencerahkan kulit juga menurunkan ukuran lingkar pinggang. Mmmm...cara enak untuk langsing.
Campuran buah-buahannya di variasikan saja tergantung selera.
  •  mengurangi karbohidrat, makanan berlemak dan yang manis-manis.
Yang iMom suka dari mengatur kesehatan adalah mengatur asupan makanan yang tentunya tidak pake muluk seperti merubah pola makan secara drastis. Waktu mengganti nasi putih ke nasi merah juga di lakukan secara bertahap dengan melakukan kompromi bersama om brewok dan the brondongs blues yang waktu itu masih belum kuliah ke luar kota.

*Dapur Cozyhomeidea
Diawali dengan mengganti beras kepala yang biasa kita makan dengan beras yang tinggi serat. Kemudian perlahan mengurangi konsumsi beras putih tinggi serat dengan beras merah di sertai penjelasan kenapa hal itu harus bersama kita lakukan. Untungnya the brondongs blues langsung ngerti karena waktu itu mereka memang sedang aktif jogging dan katanya mau diet santai karena merasa kelebihan berat badan.
Perbandingan beras putih dan beras merah awalnya masih 1 : 1 bagian dulu supaya lidah kami terbiasa dengan rasa beras merah yang tentu beda dengan nasi putih yang pulen nikmat. Kemudian perlahan perbandingan beras putihnya semakin dikurangi sampai menjadi seluruhnya beras merah saja. Dan ternyata nikmat juga mengkonsumsi nasi merah yang lebih tinggi serat dan membuat kenyang lebih lama.

*Dapur Cozyhomeidea
Gerakan sehat di dapur Cozyhomeidea juga berlanjut dengan mengganti minyak goreng dengan memilih memakai minyak rendah lemak. Untuk menumis iMom pilih memakai olive oil.
Menu gorengan juga di kurangi di ganti dengan lauk yang lebih sering di tumis, bakar atau di oven.

Ayam kecap paprika dengan kentang rebus yang di bakar sebentar.
*Dapur Cozyhomeidea

Fillet tuna, kentang rebus, tomat cherry yang di grill dan disiram sambel matah. 
*Dapur Cozyhomeidea

Daging balado di makan dengan ubi jalar kukus dan lemon infused water. 
*Dapur Cozyhomeidea
Selain mengganti nasi putih dengan nasi merah yang sekarang dipilih jenis beras merah organik, iMom mengganti asupan karbohidrat beras dengan umbi-umbian seperti ubi ungu, kentang, ubi jalar, juga pisang rebus. Hal ini tidak susah diterapkan karena sejak kecil iMom terbiasa makan lauk dengan umbi-umbian.

Baca juga: tiga stok bumbu praktis untuk meringkas waktu masak.

Klapertaart buatan my sist.
Cara buat Klapertaart yummy ini bisa dilihat disini: Beking jo klapertaart pe sadaap.

Yang agak susah itu adalah mengurangi lemak dan manis-manisan. Susaaaah sekali.
Leher ini terbiasa maunya yang enak-enak yang tidak selalu berarti sehat. Tapi tetaap adalaah usaha yang dilakukan untuk mengurangi asupan gula dalam tubuh seperti kebiasaan mencari yang manis-manis setelah makan seperti kue, puding dan paling sering sih coklat yang sekarang diganti dengan dark chocolate, perlahan mulai dikurangi dengan cara dibagi dua bersama om brewok. Masing-masing sepotong kecil saja, termasuk membagi porsi kue-kue enak yang tetap iMom pesan jika duduk di kafe.
  •   perbanyak konsumsi sayur dan buah-buahan.
Dari dulu kami seisi rumah selalu merasa makan kurang lengkap tanpa sayur. Sejak kecil the brondongs blues sudah iMom biasakan suka sama sayuran dan buah-buahan tanpa pilih jenis. Jadi gak ada masalah soal konsumsi sayur dan buah-buahan dalam menu harian.
Sayur dan buah adalah sumber serat, vitamin dan mineral yang sangat diperlukan tubuh supaya kita selalu keep strong.
Buah potong di Cozyhomeidea biasanya ada di pagi hari sebelum sarapan dan kalo masih laper sebelum tidur malam. Biasa kaan kalo keasyikan nonton atau browsing suka pengen ngemil. Buah adalah cemilan paling asyik untuk kapan saja tidak ada batasan waktunya. Bahkan kalo iMom mengundang teman untuk ngeteh di Cozyhomeidea selalu usahakan ada buah potong atau rujak sebagai penyeimbang kue-kue manis legit.

Pir hijau, belimbing dan tomat cherry. 
*Dapur Cozyhomeidea

Pepaya lemon dan plain yoghurt. *Dapur Cozyhomeidea

 Jelly anggur, jeruk dan plain yoghurt. *Dapur Cozyhomeidea

Atau juga di buat smoothie dari buah naga, pepaya dan pisang seperti ini. 
*Dapur Cozyhomeidea
Yang jadi masalah justru sekarang iMom jarang masak karena rumah sering seharian kosong. Kalo lagi di rumah juga males rempong di dapur karena siapa yang mau makan. Om brewok pulangnya sudah malem dan sering sudah makan atau sekalian menjemput dan mengajak iMom makan di luar. Tahu sendiri kaaan makanan di luar rumah itu seringnya kurang memenuhi standar sehat untuk kita yang midlife. Sewaktu the brondongs blues masih di rumah juga kami memang seringnya makan malam di luar tapi sebisa mungkin iMom masak makanan sehat untuk makan malam di rumah minimal dua atau tiga kali dalam seminggu. Lha kalo jarang masak begini iMom mensiasati kekurangan makan sayur dengan minum green smoothies secara rutin.

Smoothies yang di tambah dengan variasi sayuran menjadi green smoothies. 
*Dapur Cozyhomeidea
Sayur-sayuran untuk dibuat green smoothies beragam pilihannya. kalo iMom biasanya menggunakan baby bokcoy, sawi, bayam, juga brokoli.
Supaya diminumnya bisa rutin sebisa mungkin iMom menjaga stok sayuran dan buah yang sudah di potong kasar dan di bekukan dalam frezer.
Sayuran dan buah yang sudah dibekukan tahan sampai satu tahun di dalam kulkas, tapi di Dapur Cozyhomeidea stok sayur dan buah diusahakan tidak pernah lebih dari dua minggu karena jadwal grocery kan mingguan jadi stok cepat berganti.

Stok pisang, belimbing dan ketimun beku.*Dapur Cozyhomeidea

Stok sayuran beku. *Dapur Cozyhomeidea.
Menyimpan sayur dan buah dalam keadaan beku memang lebih praktis.  Selain bisa lebih tahan, proses membuatnya juga menjadi lebih praktis tanpa harus membersihkan dan mengupas.
Kapan saja diinginkan, biasanya sih pagi setelah treadmill, stok beku ini tinggal tinggal di potong agak kecil dan di masukkan ke dalam blender bersama bahan-bahan pelengkap lainnya seperti protein powder buatan sendiri dan tambahan sumber serat lainnya seperti chia dan flex sheed, juga sesekali di tambah variasi bubuk kayu manis yang disesuaikan dengan variasi campuran buahnya. Yummy, sehat dan mengenyangkan.

Salad sayur-sayuran. *Dapur Cozyhomeideas

Sumber sayur dan buah lainnya juga iMom dapatkan dengan membuat salad tanpa dressing kaya lemak seperti siraman mayones bahkan susu kental manis. Yang dimaksud salad sehat ya salad yang banyak sayuran hijau seperti selada, tomat, wortel, avocado, dan bahan lainnya. Dressingnya cukup dengan olive oil dan beberapa bahan lainnya supaya lebih sehat. Gampang bikinnya dan enak pula. Supaya lebih lengkap biasanya iMom tambahkan protein seperti ayam, tuna, udang yang sudah dibumbui dan di grill.

oh ya sekedar note tambahan ya, kalau semua foto makanan, kue, dan minuman ini adalah buatan iMom dari *Dapur Cozyhomeidea. dan sudah pernah di posting di Facebook yang sayangnya sudah di hack sejak bulan kemarin *sad face, nantinya akan di posting lebih detail termasuk bahan-bahan dan cara membuatnya. 
Ok, lanjut ke point sehat ala iMom berikutnya, 
  • Miliki hobi 
Milikilah hobi, tetaplah sibuk dan produktif.
Sering iMom bilang kalo ngecraft itu asyik dan bikin nagih. Kenapa?
Karena dalam ngecraft kita seperti hilang dari hiruk pikuk sekitar dan dibuat masuk ke dalam suatu perasaan asyik sendiri yang bikin kita lebih fokus pada stimulasi jari, tangan, dan kreatifitas otak dalam menciptakan sesuatu. Sekecil apapun hasilnya, ngecraf atau juga hobi kreatif lainnya seperti menyanyi, menari, berkebun, melukis, efeknya sama dengan meditasi, membuat kita lebih semangat, percaya diri, meningkatkan sistem imun tubuh, tidak cepat pikun dan mengurangi stress.
Melakukan hobi sama dengan menekan tombol pause dari hingar-bingar masalah hidup. Bahkan saat iMom harus tinggal di rumah karena jatuh dari tangga dan berjalan harus dibantu tongkat, iMom mengisi hari dengan membuat kalung cantik berhias manik dari crochet.
Pekerjaan desain yang belakangan sudah mulai beralih dari pekerjaan utama menjadi hobi dengan kata lain tanpa deadline yang ketat yang disambi dengan kegiatan blogging dan ngecraft membuat mood seimbang menjalani hari menjadi lebih ringan.

Desain butik batik. *Cozyhomeidea
Baca juga: tips dan trik cara membuat home office
Diantara kegiatan desain yang kini tidak lagi dikejar deadline yang ketat dan blogging yang masih tahap sharing tapi tetap butuh usaha ekstra keras, iMom seimbangkan mood di Cozycraftstudio dengan ngecraft seperti membuat asesoris dari kain sutera, crochet, dan kerajinan tangan lainnya dari bahan kain, menjahit perlengkapan interior seperti bikin sarung bantal kursi, korden, dan menjahit baju. 

*Cozyhomeidea

*Cozyhomeidea
Jika lama tidak ngecraft dan ngeDIY iMom suka merasa ada yang tidak seimbang. Tuh kaan hobi itu nagih dan bikin asyik!.
Sebenarnya minggu ini mood iMom masih belum sepenuhnya move on dari liburan panjang kemarin, apalagi flu dan batuk kemudian melanda. Tapi  Jumat kemarin diajak om brewok mengurus perpanjangan pasport ke imigrasi iMom seperti dapat percikan semangat lagi, mmm dasar yaa kaki gatel ini...., 

Kain-kain dan sketsa desain yang siap dibuat 
atasan simple untuk paduan sarung rok batik.
*Cozycraftstudio

*Cozycraftstudio
Kalau masih ingin melihat craft dari kain-kainan serta baju-baju yang iMom buat bisa liat di : 
Craft en chic, juga di DIY.Just Do It Yourself! jika ingin melihat cara membuat furniture dan pernak-pernik interior lainnya.

Percikan semangat minggu ini juga ada dari list posting blogpost yang ternyata sudah memanjang kayak kereta api, juga  DIY to do list untuk interior project yang sudah agak lama di tinggalkan dan sepertinya tangan gatel iMom ini sudah sangat dinanti oleh laci perkakas berisi glue gun, bor, gunting, cutter, lem, obeng, kuas. Juga di ruang jahit tentunya sudah menunggu  beberapa sketsa blus dan baju, mesin jahit,  juga koleksi potongan kain-kain cantik untuk segera di buat asesoris dan patchwork. *smile.

Bikin kulot pake pola sendiri. *Cozycraftstudio
Oh ya, masih dari ruang jahit, bulan kemarin iMom coba bikin kulot dan celana lebar pake pola simple dari Youtube yang dimodifikasi sendiri jadi pola yang mudah dibuat bahkan untuk yang pemula dalam dunia jahit-menjahit sekalipun. dan yeay berhasil!.. jadi satu kulot, satu celana santai nyaman yang sudah dipake kesana-sini, dan satu kulot gagal yang kayaknya mau didaur ulang jadi potongan patchwork penutup tempat tidur.
See...melakukan hobi, bebikinan, DIY project atau nge craft itu memang banyak manfaatnya, asyik dan nagih.
  •  bina silaturahim 
Silaturahim itu memperpanjang umur, jauh dari kepikunan dan melancarkan rejeki. 
Utamakan kebersamaan dengan orang tua, saudara dan keluarga, tetangga, juga hubungan yang sehat dengan   teman-teman.
Kami bersaudara sangat dekat, empat saudara perempuan semua, selalu sempatkan saling berkabar, setiap hari rame di grup chatting bersama seluruh anak, ponakan dan ipar, sempatkan bersama berkumpul setiap minggu bersama mamie dan papie yang Alhamdulillah masih bersama, juga jalan-jalan bersama. Mmm...kebetulan semuanya doyan boarding alias pemilik gen kaki gatal.
Dengan mamie en papie makan siang di Bebek Tepi Sawah Ubud.

iMom en The Brondongs Blues di Bandung.

 Rijjstaffel Resto Bandung
Congo Gallery & Cafe Dago Pakar Bandung.
iMom yang masih kental diliputi mood holiday harus segera move on karena sudah dinanti beberapa acara keluarga, ulang tahun teman, menemani om brewok di beberapa undangan. Sebenarnya masih ada satu workshop internet marketing yang pengen iMom hadiri tapi yah gitu deh, selain kendala waktu yang di jaga supaya tidak terlalu mepet, iMom juga haruslaah memperhatikan betul-betul kesehatan yang sudah mulai nuntut istirahat atau jeda kegiatan lebih lama dari kemarin-kemarin. faktor U, umur, namanya juga sudah masuk usia midlife jadi harus pintar memilih acara dan mengatur waktu.
Juga ada agenda  reuni Lab School PPSP tempat iMom selesaikan sekolah menegah pertama.
Tahu sendiri kaaan gimana agenda reunian itu walaupun tidak masuk dalam kepanitiaan. Hebohnya ya di angkatan masing-mulai dari jadwal acara yang penuh hip hip huraay, dress code, booking hotel dan keseruan ketemuan di berbagai tempat alias nongki-nongki cantik setelah acara reuni selesai.  Sejak jaman sekolah dasar walaupun kemudian terpisah dan tinggal berlainan kota tapi kami selalu terhubung. Selalu sempatkan berkumpul dan jalan-jalan.

Tuniq Fuschia dan bawahan abu sebagai dress code angkatan alumni.
Karena waktu balik Makassar sudah mepet agenda reunian, iMom gak bisa lama-lama mager karena harus ngebut menyelesaikan tuniq panjang yang jadi dress code angkatan alumni di malam ramah tamah.
Sebenarnya kainnya pengen diserahin ke penjahit saja tapi karena waktunya mepet dan kuatir jatuhnya kurang bagus ya gak bisa tidak ya harus di buat sendiri dan kebetulan punya kulot abu-abu yang belum sempat dipakai. pas lah. Tapi depan teman-teman iMom sengaja tidak bilang kalo tuniq ini dijahit sendiri karena pengen tahu reaksi mereka, apakah jatuhnya sudah baguskah, dan ternyata komentarnya positif semua sepakat bilang iMom look slim dengan tuniq panjang belahan tinggi ini.

Reunian kali ini sungguhlah seru karena diisi dengan pop song lomba nyanyi setiap angkatan mulai dari angkatan tahun 79 sampai angkatan 88. Seru abis karena banyak bernyanyi, joget bersama dan tentunya banyak ketawa bahagia. Alhamdulillah.

Sebenarnya masih ada hal penting dilakukan untuk menjadi sehat dan bahagia di usia jelang midlife ini, yaitu meningkatkan kehidupan religi. Tapi karena kehidupan religi itu adalah hubungan eksklusif antara masing-masing personal dengan yang di atas jadi yang di highlight hanyalah hal-hal yang ada di postingan ini saja ya. Setuju kan.
Oke, iMom tambahkan satu point lagi yaitu,
  • jangan lupa bercinta. 

Kalo selama ini ada ungkapan jangan lupa bahagia, iMom setuju dengan menambahkan jangan lupa bercinta. Ini penting untuk menjaga hubungan dengan pasangan menjadi lebih dekat, intim, ada sesi pillow talk yang kadang dirty talk tapi why not lah ya, penghargaan pada tubuh dan perayaan kesehatan, perasaan tersalurkan, dan bikin hidup lebih hidup. ya gak. 

Dari bisik-bisik setiap ketemuan dengan berbagai komunitas teman salah satu hal yang dibahas ya ini kehidupan sex diusia midlife bahkan jadi bahan becandaan rame-rame. Ada yang mulai menurun gairahnya, kendala fisik, bahkan merasa malas melakukan hubungan intim lagi karena merasa sudah tua. its a big no-no ya. Buat iMom pribadi kalo mau curhat seputar masalah kehidupan seksual sebaiknya sih dengan dokter pribadi saja atau dokter kandungan saat jadwal kontrol spiral atau pap smear. 
Kuta Bali
Kehidupan bercinta yang sehat dan asyik diawali dari hubungan yang sehat. saling percaya, pengertian, dan saling menghargai dengan pasangan. Selalu usahakan bahagia melalui hal-hal kecil sekalipun, menikmati kebersamaan, dan usahakan masih sering ada gelak tawa lepas berdua. iMom sama om brewok mau konyol-konyolan berdua sampe ketawa sampe pengen pipis siih ayo saja.

Ini bukan menggurui ya karena hubungan dengan om brewok yang dirasa cukup membahagiakan ini sepertinya belum layak aah dijadikan contoh apalagi sampe ngasih tips, kami masih terus belajar setiap hari dengan saling menyesuaikan, bertenggang rasa dan saling memahami. 
Beda pendapat, perang dingin, kesal,  .... ya tentu adalaahh.

Sementara ini dulu sharing cara sehat dan bahagia ala iMom diusia jelang midlife, semoga ke depan kita sama-sama semakin baik dan bisa saling sharing semangat bahagia.

Dan oh ya, percikan semangat iMom akan semakin bersinar lagi dengan bersedianya iMom membantu decor wedding anak sahabat setelah Lebaran nanti. Calon mempelai wanita katanya kepengen nuansa India yang banyak bermain warna cerah, kain-kain cantik, pernik etnik dan dekorasi lampu.

Aaahh bahagia ini harus selalu dijaga dengan menjadi sehat supaya bisa berbagi minimal ke lingkungan terdekat. Sekali lagi, iMom sama sekali tidak merasa menjadi ekspert di bidang kesehatan, tips ini di bagi berdasar pengalaman sehari-hari iMom saja dan kalau berkenan silahkan di share atau bisa juga ditambahkan point-pointnya di komen kalo ada ide atau tips lainnya untuk sama-sama kita menjadi sehat, kreatif dan bahagia.

salam sehat.
Be Happy, Be U.





You Might Also Like

8 komentar

  1. Wuih..lengkap tipsnya kak. Nice share ☺

    BalasHapus
    Balasan
    1. sekedar sharing ji ini Ery.... diusahakan lengkap sesuai pengalaman pribadi.

      Hapus
  2. waahhhh keren postingannya imom
    makasihh tips tips nya ini bisa jadi PR buat saya nanti
    keep blogging imom <3

    BalasHapus
  3. Aku ngrasa banget mbak kalau pergi2 bareng keluarga, semua jadi agak lambat krn nungguin aku jalan hahahaa.... Skrg aku sudah ganti ke beras merah & banyakin buah. Yg belum cuma olahraga. Duuuh kok males banget ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. bertahaaappp.... en slowly but sure merubah pola hidup untuk kesehatan. alo di dadak juga biasanya gak bertahan lama kaaann. aku juga masih on off iniii suka gak tahan godaan.

      Hapus

Subscribe