Tiga stok bumbu praktis untuk meringkas waktu masak.

Selasa, Juli 28, 2015




Ramadhan dan Lebaran sudah kelar.
Toples-toples sudah dicuci dan dimasukkan kembali dalam kabinet dapur,
Euforia Halal Bi Halal dan jadwal reunian yang diurut berdasar tingkatan sekolah dan geng semasa kuliah juga sudah mencapai titik ujung, serta
arus mudik juga sudah mencapai anti klimaks.

Saatnya kembali ke rutinitas, ke sekolah, dan ke laptop.
Termasuk saya, iMom yang mulai ngeblog lagi setelah off sekian minggu, mulai membuka file-file desain di CozyStudio dan kain-kain beserta perintilannya di CozyCraft, DIY to do list, juga mulai rempong urusan grocery mingguan, menu dan stok bumbu. Yeayyy...semangat!!!.


Seperti pagi ini ada sedikit kerempongan di dapur yang kini sudah cantik dan semakin cozy, yaitu membuat ayam woku plus beberapa kantong stok bumbu untuk beberapa kali masak nanti, juga stok bumbu garorica mengingat saya, om brewok dan the brondongs blues sangat suka yang pedes-pedesss.
Stok bumbu di dapur saya masuk dalam kategori penting banget, termasuk stok bawang kupas dalam kontainer kedap udara, karena jadwal kami yang berbeda-beda setiap hari menyebabkan kadang makan di rumah dan lebih sering makan di luar. Jadi kalo iMom masak, artinya lagi ada waktu, lagi happy dan rajin, dan semua harus seragamkan waktu dan jadwal ketemu di meja makan. Makanya bumbu jadi penting banget supaya tidak terlalu ribet dan kelamaan di dapur sehingga tidak mengurangi sensani happy kebersamaan.

Ini dia barisan rempah yang siap di olah.

Bahan-bahan dan cara bikin ayam woku sudah pernah saya posting di sini ya di postingan Beking Sandiri Jo ayam woku Belanga. Silahkan di klik untuk yang mau ikutan bikin menu enak ini.


Kalo bumbunya sudah di stok di kulkas, kapan saja pengen makan menu ini tinggal di tambahkan ayam, bisa yang sudah diungkep sebelumnya, bisa juga tidak. Ikan kakap, ikan cakalang, ikan tuna oke juga dibuat woku. Tambahkan irisan tomat,daun jeruk, garam dan gula dikit jika suka lalu masak sebentar sampai bumbunya meresap, tambahkan irisn daun bawang, merica dan kemangi yang banyak. Dan tadaaa...jadi lah ayam woku untuk menu om brewok dan the brondongs blues nanti malam.




Juga dua kantong stok bumbu woku.


Selain bumbu woku belanga, saya juga sekalian bikin stok bumbu garorica yang untuk minggu ini dalam list grocery ada fillet tuna, teri kering, juga buat tempe pedes.


Dengan menyetok beberapa macam bumbu-bumbu siap masak di kulkas, saya meringkas durasi waktu masak di dapur. 


Termasuk menempel note seperti ini di pintu freezer supaya tidak lupa. Tanggal membuat bumbu juga penting supaya tidak kelamaan disimpan.


Selain bumbu-bumbu diatas, saya juga biasa menyetok bahan dasar membuat bubur Menado atau bubur Tinutuan. Bahan dasar ini penting saat sarapan atau kapan saja ketika kepengen makan banyak sayur, lagi sembelit atau sehabis makan malam dengan menu yang berat, saya tinggal memanaskan campuran beras dan jagung yang sudah masak ini kemudian masukkan sayur-sayurannya. Praktis dan sangat menghemat waktu untuk saya dan para iMom diantara to do list panjang urusan domestik dan kerjaan kantor.

You Might Also Like

11 komentar

  1. mantap banget ini bun, jadi punya stok bumbu praktis sendiri. lebih hemat dan pastinya lebih sehat yaa :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halooo, Kak! Mau jadi bagian tim jelajah Kalimantan GRATIS? Ikuti lomba blog "Terios 7 Wonders, Borneo Wild Adventure" di sini http://bit.ly/terios7wonders2015 #Terios7Wonders

      Jangan sampai ketinggalan, ya!

      Hapus
  2. wah enak nih mak.. udah nyetok bumbu sendiri hehe.. salam kenal mak

    BalasHapus
  3. kalo nyetok bumbu kayak gitu rasanya eruah enggak?

    BalasHapus
  4. Wiiih saya juga suka garorica dan woku Kak .... saya suka yang pedis2

    BalasHapus
  5. Belom pernah coba nyetok bumbu, soalnya masaknya masih porsi dikit, dan belom ahli masak juga sih sebenernya :D

    BalasHapus
  6. Waaah tipe masakannya hampir sama seperti Sumatra ya, serba cabe.

    BalasHapus
  7. kalau saya lagi coba stok 3 bumbu dasar, Mbak. Dan lumayan menghemat waktu :D

    BalasHapus
  8. Terimakasih Informasinya. Kami juga memiliki informasi kesehatan dan bisnis yg mungkin berguna bagi Anda.
    4Life mempersembahkan sebuah Produk Inovatif yang telah teruji dan diakui dibanyak Negara Dunia, serta menawarkan Anda sebuah Peluang Bisnis yang cukup terbuka Lebar.. !
    Tanpa Pesaing, Tanpa wajib Stock, dan sangat mudah dijalankan !
    Selengkapnya kunjungi website kami: http://www.4lifesukses.com

    BalasHapus
  9. bagus bener ya artikelnya, lengkap padat dan bersih, hehehe

    BalasHapus
  10. jadi udah siap sedia ya buat nantinya .. kalau masak berarti lagi happy dan rajin .. hahahaha masak mood2 an gitu ya :D

    BalasHapus

Subscribe