6 Hal Yang sayang Dilewatkan Di Makassar Craft and Fashion Week 2017

Rabu, Oktober 04, 2017

Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia Sulawesi Selatan akan bekerjasama dengan Asosiasi Perancang Pengusaha Mode Indonesia atau biasa disingkat dengan APPMI akan menggelar Makassar Craft And Fashion Week 2017 yang bertempat di Grand Clarion Hotel & Convention Makassar pada tanggal 5 - 8 Oktober 2017.


Sore kemarin iMom hadir di Press Conference Makassar Craft & Fashion Week 2017. Ini merupakan Press Conference ke 2 setelah   sebelumnya diadakan   pada bulan Juli lalu yang bertempat di Masa Kini Kafe Makassar.
Suasana rame di Executive Lounge Grand Clarion Hotel & Convention Makassar dengan para jurnalis media cetak dan media visual termasuk iMom dan beberapa teman Blogger Makassar.


Ketua Iwapi Sulawesi Selatan ibu Ida Noer Haris didampingi pengurus Iwapi SulSel dan pengurus dari pusat memaparkan garis besar pelaksanaan event akbar yang untuk pertama kalinya di Indonesia akan dirangkaikan dengan Rakernas Iwapi XXVII pada tanggal 6-7 okt 2017.

Rakernas Iwapi XXVII 


Ketua panitia pusat Rakernas Iwapi ibu Ferry soraya mengatakan bahwa ini adalah Rakernas Iwapi yang ke dua kalinya di Makassar setelah sukses diadakan pada tahun 2011.
Pembukaan Rakernas Iwapi akan dihadiri oleh Menteri Koperasi Dan Usaha Kecil Menengah yaitu Drs. Anak Agung Ngurah Puspayoga, Menteri Pemberdayaan Perempuan yaitu Yohanes Yambise, dan Ketua Umum DPP Iwapi ibu Nita Yudi MBA.
Untuk Rakernas kali ini akan dihadiri sekitar 1500 peserta dari 30 DPD, DPC, dan DPD Iwapi.

Di tambahkan oleh ketua panitia Rakernas Iwapi SulSel ibu  Muliati Kulle, penjemputan peserta Rakernas di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin akan disambut dengan Markisa sebagai welcome drink dilanjutkan dengan City Tour untuk mengenal lebih dekat budaya Makassar dengan berkunjung ke Benteng Fort Rotterdam dan Kawasan Somba Opu yang dikenal sebagai pusat kerajinan dan perhiasan emas.
Registrasi peserta Rakernas pada tanggal 5 Oktober 2017 di Grand Clarion Hotel & Convention Makassar sekaligus pembukaan pameran Iwapi atau Iwapi Expo di Lantai 1 dan Makassar Craft Fashion Week 2017 di lantai 2 , yang diakhiri dengan makan malam di rumah jabatan walikota Makassar.

Untuk susunan acara Rakernas Iwapi XXVII dapat di baca di sini :
Agenda Rakernas Iwapi ke 27 di Makassar. 

Makassar Craft 
& Fashion Week 2017
Festive Of Heritage



Makassar Craft & Fashion Week 2017 yang bertajuk Festive Of Heritage ini akan memamerkan produk fashion seperti kain tenunan nusantara, songket, sutera, batik, ulos, juga produk kerajinan tangan dan aksesoris berkualitas premium dengan tampilan yang artistik dari seluruh unsur budaya dan etnik Indonesia.

"Sedangkan dari Iwapi Expo akan menampilkan produk unggulan dari seluruh propinsi di Indonesia. juga display kuliner seperti bakso, otak-otak, kacang disko, sutera Bugis Makassar, minyak tawon, dan minyak beruang, yang merupakan produk unggulan dari sulawesi selatan sebagai tuan rumah" , demikian Ida Noer Haris yang biasa disapa mamDa.

Fashion show
Sejumlah nama besar desainer papan atas Indonesia akan turut meramaikan panggung Fashion Show, seperti Poppi Dharsono, Nita Seno Adji, Chossy Latu, Sikie Purnomo, Chintami Atmanagara, dan banyak lagi.

APPMI SulSel juga akan menghadirkan 13 desainer.

Denny Wirawan akan mempersembahkan koleksi 'BaliJava Koleksi Batik Kudus' di Exclusive Show, 
Kemudian akan ada Diva Indonesia Krisdayanti di Exclusive Performance, 
dan ya, kembali Pasar Tiban akan hadir kembali memanjakan kecintaan akan batik para fashionista Makassar.


Ada yang berbeda dari event-event sejenis di Makassar, yaitu ada acara Talk Show dengan para desainer membicarakan antara lain tentang filosofi dibalik setiap rancangan, alasan penggunaan bahan dan material, sebelum mereka memperagakan rancangannya di panggung Fashion Show.

Sudah tak sabar menantikan koleksi rancangan Ida Noer Haris yang elegan dari inspirasi eksotisme lokal.


Iwapi Expo kedepankan edukasi

Titik utama event Iwapi Expo dan MCFW 2017 ini adalah mengedepankan unsur edukasi, coaching,  dan advokasi. Untuk itu event ini akan menggandeng Dinas Pendidikan dan SMK se Sulawesi Selatan.

"Event akbar ini juga merupakan momentum langkah awal Iwapi SulSel untuk bekerjasama dengan SMK diseluruh propinsi Sulawesi selatan". kata ibu Ida Noer Haris.
Dengan mengajak serta 50 orang siswa SMK dari jurusan jasa pariwisata, administrasi, fashion,  dan boga, yang akan diberi identitas tersendiri yang bertuliskan SMK Volunter, untuk terlibat secara langsung  sebagai LO  mulai dari penjemputan peserta Rakernas, MCFS, APPMI,   kegiatan administrasi,  dan cara mengelola managemen event dan show berskala besar.

Juga ada 10 booth yang akan dikurasi langsung oleh budayawan dan desainer SulSel  disediakan untuk SMK se Sulawesi Selatan untuk memamerkan hasil karya mereka, yang di akhir acara akan diberi penilaian sebagai pemenang booth terbaik yang juaranya akan memperoleh beasiswa untuk melanjutkan sekolahnya di Jakarta.

Iwapi memang memberi perhatian kepada siswa-siswa SMK SulSel agar ilmu yang mereka peroleh langsung bisa diaplikasikan ke dalam dunia industri kreatif, hal ini sesuai dengan visi Iwapi untuk menciptakan satu juta entrepreneur muda.

Iwapi Goes Digital

pic by sindonews

Iwapi dan Facebook melaksanakan program pelatihan pemasaran digital.
Program ini sudah dilaksanakan selama 10 kali keliling kota di Indonesia yang dibuka di Makassar dan nantinya  ditutup di Makassar juga dengan Coaching Clinic tingkat lanjut.
Menurut Moza Pramita selaku penanggung jawab Iwapi Goes Digital,
" kita jemput bola dengan mengadakan pelatihan IT sebagai langkah strategis untuk pasarkan produk secara online yang merangkul sebanyak mungkin market place, sekaligus sosialisasi aplikasi khusus anggota Iwapi, semacam kartu member begitu".

iMom bersama mbak Moza Pramita, model Jakarta, dan Blogger Makassar Qiahladkiya.com

Ngobrol dan berfoto dengan mbak Moza yang energik dengan bulumatanya yang sangat hits di jagad Instagram serta scarf online nya yang keren menghias leher, iMom jadi tertular semangat kreatifnya. Jadi  kepengen ikut pelatihan goes digital dan segera mengeksekusi sketsa desain juga memasukkan produk-produk yang selama ini tersimpan di Cozycraftstudio ke dalam toko online milik sendiri. Aah, harus disegerakan.

Dan oh ya, kita ditawarin mencoba bulumata Moza yang kece badai itu  nanti di event pameran sekaligus bisa live before and after di IG Story. Ayooo... siapa nih yang mau jadi modelnya.

Competition






Sesuai dengan tema yang mengedepankan edukasi, beberapa kompetisi akan meramaikan event akbar ini seperti lomba fashion Show Wastra Indonesia, Cildren Colouring Competition, Top Model Cilik, Model Hunt, Mars Iwapi, dan masih banyak lomba lainnya yang di peruntukkan bagi semua kategori usia.



iMom bangga menjadi salah satu sahabat dari seorang perempuan yang banyak menebar inspirasi bagi perempuan di Sulawesi Selatan untuk selalu selangkah lebih maju, meningkatkan kemampuan diri, dan mandiri secara ekonomi.

Semoga sukses Rakernas Iwapi dan Makassar Craft & Fashion Week nya ya mamDa.
Jadi ingat pernah nulis tentang Baju Bodo cantik memukau rancangan mamDa di awal merintis studio desainnya.



Nah Warga Makassar,
pastikan hadir dan berpartisipasi di acara Makassar Craft & Fashion Week 2017  yang berlangsung  di Grand Clarion Hotel & Convention Makassar.

Kita sebagai warga SulSel khususnya warga urban Makassar tentunya berhak bangga dipilihnya Makassar sebagai tempat lokasi perhelatan event berskala akbar ini.
Jangan lupa catat tanggalnya ya 5 - 8 Oktober 2017.




Salam Kreatif, 
Be Happy, Be You.

You Might Also Like

8 komentar

  1. Acara fashion week yang ini sepertinya agak berbeda dari fashion week lainnya, ada banyak arena kompetisi dan ajang edukasinya ya.
    Wow ada Chossy Latu, suka sekali sama design beliau yang ethnic dan keren 👍.
    Di acara tahun depan buka stand cozycraftstudio ya Ka, kalau bisa mah booking stand dari sekarang 😬😉.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya Wie, koleksi kalungnya juga keren punya.
      Pengennya siih ikutan pamer hasil karya di salah satu boothnya, tapi hasil karya yang mana yaaaa. Atau kita barengan satu booth nanti ya Wie.

      Hapus
  2. Wow, Ibu Ida Noer Haris itu sahabat ta', Kak. Masya Allah. Semoga beliau selalu sehat dan usianya berkah supaya semakin produktif. Kak Novie juga semoga bisa "go digital" memasarkan Cozy Craft Studio.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin YRA...
      Iya Niar beliau memang sahabat saya sudah sejak lama. Orangnya memang selalu selangkah lebih maju.
      Insya Allah yaa my next project tahun depan mau keluarkan produk dari CozyCraftStudio. Doakan naaa...

      Hapus
  3. Sayang sekali tidak sempat datang ke event ini >.<
    Salam kenal dan sukses terus kak dengan CozyCraftStudio-nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya ya, event bagus sekali dengan konsep yang lebih 'kena'. Net time bisa hadir yaa. Salam kenal kembali. Makasiih sudah berkunjung.

      Hapus
  4. Yeaacchh... ikutan eksiss. ada fotoku di IWAPI Goes Digital hahahaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaaa ... memang sengaja milih foto yang itu yang ada kaka Abby nya. Event yang sangat bermanfaat yaa.

      Hapus

Subscribe