Green Building Bertema Alfresco Sebagai Ikon Baru Pencakar Langit Kota Makassar

Senin, November 05, 2018

Nipah.co.id

WOW!!! 
Langsung suka pada langkah pertama saat masuk ke mall keceh ini. Di konsep green dan terbuka dengan membaurkan unsur indoor outdoor membuat pengalaman ngemall menjadi begitu berbeda. 


Jika biasanya terasa seperti berada dalam kotak besar berpendingin, di mall Nipah ini pengalaman ngemall serasa berjalan-jalan dalam suatu kawasan adem yang di seling spot-spot hijau alami dilengkapi beberapa dudukan. 

Atmosfir terbuka yang memasukkan unsur hijau tanaman. Memenuhi ekspektasi life style masyarakat urban makassar akan sarana rekreasi dalam kota yang mengakomodir berbagai macam kegiatan dalam satu bangunan.

Sangat memanusiakan manusia layaknya sebuah kota yang smart.


Mall nipah n office building

Kehadiran mall Nipah ini so pasti bikin happy karena tidak perlu naik pesawat ke Bali untuk ngemall di Beachwalk yang jadi salah satu destinasi wajib tiap ke Kuta. Ada perasaan nyaris sirik membatin setiap menyusuri selasar-selasar yang rimbun diantara kolam linier mengikuti lekuk lantai : kapan yaa Makassar juga punya mall yang hijau seperti ini. Dilengkapi plaza sebagai area komunal yang tak sepi dari performance seni dan musik, terbuka dan rimbun disepanjang area, dan ada taman di rooftop sekaligus tempat hangout menikmati suasana sore dan sunset.





Perasaan nyaris sirik berganti happy dengan hadirnya mall Nipah dan office building di kota Makassar.

Mall mewah yang belum begitu ramai pengunjung tapi menjanjikan sebuah destinasi rekreatif ini sudah bisa dipastikan sebentar lagi akan hits di kalangan warga urban Makassar yang selalu haus akan sesuatu yang baru. Apalagi jika seluruh ruangnya sudah ditempati tenant-tenant. Ada juga tenant-tenant dengan brand yang baru pertama kali hadir di Makassar.

Beberapa kafe juga hadir dengan desain baru yang menyesuaikan dengan konsep bangunan yang lebih terbuka dan lebih bernapas. 

Kayaknya perlu di eksplore niih satu-persatu untuk menikmati atmosfir indoor kafe yang sudah pasti memberi pengalaman baru yang berbeda dibanding indoor yang sudah ada di mal-mall sebelumnya.

Ikon baru kota Makassar



Urbane Indonesia

Terletak di salah satu jalan tersibuk di Makassar yaitu Jalan Urip Sumoharjo, mall mewah ini merupakan bangunan pertama di Indonesia Timur dengan konsep Green Building bertema Alfresco.

Adalah Ridwan Kamil yang kini menjabat sebagai Gubernur Jawa Barat telah dipercaya oleh PT.Kalla Inti Karsa ( Kalla Properti) untuk menuangkan gagasannya yang selalu genius dan inovatif bersama para tim kreatif dari PT.Urbane Indonesia, sekaligus mengantarkan Mall nipah and office building ini meraih sertifikat green building predikat gold dari penilaian berdasarkan pemanfaatan sumber daya peralatan dan efisiensi penggunaan energi.

Mall hijau dan terbuka ini berdiri diatas lahan seluas 3,5 Ha yang terdiri dari 1 basement dan 5 lantai shopping mall, dan 10 lantai office building yang berdiri tepat diatasnya.

Kehadiran Nipah Mall And office Building yang Grand Openingnya dilaksanakan tanggal 3 November 2018 kemarin ini tidak hanya memberi angin segar dalam inovasi pada desain gedung-gedung tinggi yang semakin marak di kota Makassar, tapi sekaligus menjadikan mall termewah dan termegah ini sebagai ikon baru gedung pencakar langit di kota makassar.


Oh Look at this roof top!

ada rooftop luas yang keren.












Semakin dilihat koq semakin merasa jika mall ini letaknya seperti tertukar ya dengan Trans Studio Mall yang justru menghadap laut tapi tidak memasukkan view laut yang eksotis ke dalam interior mallnya. Seperti apa indahnya jika mall ini dipertukarkan letaknya yaa. Kebayang dong jalan-jalan asyik di selasar seaview dan duduk-duduk manjah menikmati sunset dari deretan kafe yang menghadap laut!

Ah ini cuma angan-angan dari si penikmat sore dan sunset.

I like this Musholah too.

Penjabaran dalam satu kata : Uniq.




Terletak di sudut terujung area roof top, Mushola berbentuk melingkar ini dikonstruksi besi baja dan dinding tembus udara dari besi ukir memberi kesan ringan seolah gampang melayang.

Jalur masuk Mushola yang sangat konsern dengan pembagian akses terpisah untuk perempuan dan laki-laki. Area masuk dan wudhu untuk perempuan terletak di sebelah kiri. Dijamin tidak akan berpapasan dengan laki-laki.

Ada tangga dekat area masuk menuju ke mezzanine di lantai dua yang berlantai papan dengan karpet tebal empuk. Shalat di mall terasa lebih khusuk dari atas sini.







So far, ini dia mall yang memenuhi ekspektasi iMom bangeet. 

Ngemall memang sudah harus semenarik itu!
Suasananya adem tanpa perasaan terkungkung, permainan split level dengan pengalaman ruang yang berbeda dengan pembauran outdoor indoor memberi sensasi berbeda, bunyi air jatuh dari ketinggian lantai memberi efek menenangkan dan menyegarkan, area sirkulasi vertikal dan jembatan yang diolah sebagai area komunal hijau dengan tanaman-tanaman dilengkapi area duduk-duduk, menjadikan area ini sebagai spot yang asyik buat pepotoan, pemandangan cantik, dan sangat menyenangkan. 






Tinggal bunyi kicau burung nih yang kurang ya… hehehe. 

Betah banget disini. Suka!

Baca juga :

Dan saking sukanya! iMom dan Om Brewok memilih NipahXXI untuk nonton Bohemian Rhapsody film musical Queen yang tak akan dilewatkan Om Brewok, dan ssstt… ini juga modus iMom siih ngajakin si Om nonton disini karena ada tas keren yang menghantui sejak kedatangan kemarin yang belum afdol aah kalo belum diajak pulang si tasnya itu.




Bagaimana dengan kalian?
Suka juga dengan konsep hijau terbuka di mall Nipah ini?


Salam Kreatif,
Be happy, Be You.

You Might Also Like

18 komentar

  1. Saya sukaaa sekali konsepnya Mall Nipah ini. Padahal sebenarnya saya bukan anak mall. Konsepnya unik sekali. Betul juga ya, harusnya TSM atau PiPo yang berkonsep begini secara ada view pantai. Sayang banget dianggurin itu pemandangan pantai...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kaaan ternyata kita sependapat ya Aii kalo konsep mall ini sepertinya tertukar dengan konsep mall yang berada di daris pantai itu. Saya suka banget dengan konsep mall yang green building ini. Yuk kapan-kapan kita ngeteh bareng disini Ai.

      Hapus
  2. Beneran cantik memang mallnya..bakal betah yang berlama-lama belanja di sana..apalgi ditutup dengan gegoleran di rooftopnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dan tentunya asyik buat pepotoan yaaa, dan baru-baru ini iMom diajak ikutan klub olah raga yaitu workout freeletic di rooftop mall Nipah ini.

      Hapus
  3. pemandangannya makin malam makin cakep ya... banyak spot instagramable nih disini. Bisa jadi destinasi wisata favorit kalo ke Makassar, melihat pemadangan kota Makassar dari ketinggian. Semoga ada rejeki bisa main kesana, Aminn..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin YRA. Saya bantu doa deeh supaya dimudahkan rejekinya untuk datang ke Makassar dan berkunjung ke mall ini ya.

      Hapus
  4. Suka banget artikel ini! Akhirnya ada yang bahas Nipah Mall. Konsepnya terbukanya saya suka, ala-ala Beachwalk emang. Menyegarkan di area padat lalin di Jl.Urip Sumoharjo sono.
    Cuman sayang, kalo siang hari ACnya gak mampu mengcover udara panas.

    Kapan-kapan kita meet up di sini yuk, iMom.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Akhirnyaaa ya mall Nipah masuk blog. heheheee... Yuk mamie, segera kita agendakan meet up kita yang tertunda Rabu kemarin itu ke mall keren ini.

      Hapus
  5. Wow keren banget mall Nipah ini! Jadi pengen mengunjungi Makassar deh... ada air terjunnya pula ya, anakku pasti suka banget ke sini heehhee

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dijamin anak-anak pasti suka dengan air terjun ala mall ini. Banyaak koq ruang terbuka luas untuk anak-anak berlarian. Ditunggu di Makassar ya.

      Hapus
  6. keren banget desaign interior dan arsitekturnya ya, kayak di luar negeri lho mba. cakep cakep. konsep mall yang green building begini emang lagi tren kayaknya ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya desainnya memang keluar dari pakem mall-mall pada umumnya. Keren banget. Konsep green dalam desain kota dan desain rumah saat ini memang sudah menjadi keniscayaan. gak bisa di tolak lagi jika ingin menomor satukan kenyamanan.

      Hapus
  7. WOW!!!! Mba ini keren bangettttt. Ahhh kok aku jd pengen ke Makassar. Disana awannya masih bagus bgt yaaaaa. Aku amazeeee. Even di Jakarta aja ga ada yg begini. Makin seneng jalan2nya ya mba hihihhi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin karena di Makassar belum sepadat jakarta ya. Langit Makassar belum sesak diusik pencakar langit. Yuk main ke Makassar mba.

      Hapus
  8. Mallnya bagus banget! Berasa pengen langsung terbang ke sana deh. Di sini pun ada yang konsepnya mirip, sayangnya nggak boleh foto-foto :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lho koq dilarang berfoto siih. Kan mall itu jadi tempat rekreasi untuk masyarakat perkotaan kan yaaa. Waduh sayang banget ya mba. Ke Makassar aja yuk.

      Hapus
  9. Serasa kayak bukan Mall, keren banget... Udah gitu seger lagi ya mba, banyak ijo-ijonya hihihi...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, mallnya memang masih memasukkan udara alami walaupun masih tetap menggunakan penghawaan buatan juga, itu makanya sangat memungkinkan hidupnya tanaman yang bisa tumbuh secara natural.

      Hapus

Subscribe