Hidup Sehat Dimulai Dari 3 Menu Sarapan Praktis ini.

Rabu, November 14, 2018


Sudah sehatkan pola hidupmu?
Dulu jika mendengar pertanyaan seperti itu iMom suka bingung mau jawab apa. Dibilang sehat ya tidak juga, dibilang tidak sehat ya gak begitu juga kelezz. Masih samar. 
Yang jelas hanya indikasi berat badan yang perlahan melebar dari body slim ke body poco-poco menggemaskan begini. 
Sehat?
Tentu tidak jika perubahan bentuk tubuh diikuti perasaan oleng ke kiri oleng ke kanan. Dengan kesehatan kedua orang tua yang mengidap hipertensi, darah tinggi dan jantung yang tentu membawa dampak pada kesehatan iMom.
Inilah titik dimana iMom mulai menyadari untuk segera memulai pola hidup sehat.

Menjadi sehat dan Bahagia
Memasuki usia midlife tentu kesehatan menjadi perhatian utama. Fokusnya tidak hanya pada kesehatan fisik saja tetapi juga bagaimana menjadi sehat dan bahagia dengan beberapa cara, yaitu :
  • mengatur pola makan dengan mengurangi karbohidrat, makanan berlemak dan manis-manis.
  • perbanyak konsumsi air putih, sayur dan buah.
  • olah raga teratur.
  • miliki hobby
  • kontrol kesehatan dengan rutin check up, pap smear, dan minum vitamin.
  • tingkatkan kehidupan religius dan bina silaturahim.
  • menerima diri apa adanya kekurangan dan kelebihan, selalu bersyukur, dan mudah memaafkan.
Penjelasan secara detail sudah iMom tulis secara panjang kali lebar disertai contoh menu-menu praktis eating clean dari Dapur Cozyhomeidea di postingan Cara Asyik Menjadi Sehat & Bahagia Ala iMom. 

Beberapa hal diatas sepertinya perlu ditambahkan satu hal berikut ini agar menjadi paket komplit untuk menjadi sehat, bahagia dan kekinian, yaitu :

Digital Life Manage

Perlu ini.
Kehidupan sosial media yang semakin riuh membuat kita seperti membenarkan jika seseorang terlihat asyik sendiri dengan gadgetnya ditengah percakapan atau saat bertemu saudara dan teman-teman. Mungkin pembenaran ini karena kebiasaan melihat atau keadaannya memang sudah seperti begitu.
Dan orang itu adalah anak kita, saudara kita, suami atau istri kita, dan kita sendiri. Kita semua sudah punya dunia sendiri yaitu dunia maya.

Heloo sobat dunia maya.
Yang jauh terasa dekat dan yang dekat semakin menjauh.

Di Cozyhomeidea iMom, utamanya Om Brewok, tegas menegakkan aturan tanpa gadget saat ngobrol dengan orang yang lebih tua, saat sedang dalam kebersamaan dengan keluarga, dan saat di meja makan. Titik!

Tak jarang telinga The Brondongs Blues disentil Om Brewok jika mereka masih keukeuh memegang gadget.

Dunia maya bisa terkejar tapi menikmati kebersamaan dalam dunia nyata seperti ngobrol, ketawa, kontak fisik atau yang di hastag #beinthemoment tak akan pernah tergantikan oleh emotikon kiss dan love sekalipun.

Makan Sehat




Mengatur pola makan secara sehat iMom lakukan dengan menyusun menu dan membuat list belanja untuk seminggu. 
Perlu menjaga stok makanan di kulkas jika kita sudah membuat komitmen untuk makan sehat, seperti tersedia stok protein dari ayam, ikan dan daging yang di marinated juga menjaga stok sayur-sayuran agar tetap segar selama seminggu. 




Food Preparation atau biasa disingkat dengan Food Prep adalah cara praktis iMom dalam mempersiapkan stok lauk dan sayuran segar dapat diolah dengan cara praktis tanpa ribet di dapur.



Ini roasted vegetable yang terdiri dari kentang, buncis, serta ayam grill bumbu marinated ala kafe yang maknyuss bin endeus yang sering iMom jadikan stok di dapur Cozyhomeidea. Ada yang kepingin resepnya?

No Diet, Just Balanced Food

Tapi tentu ada saat dimana kesibukan dan padatnya aktifitas di luar rumah membuat kita sulit menjaga komitmen mengatur pola makan sehat.
Hal ini iMom atasi dengan mengikuti catering Balanced Food.
Kenapa  Balanced Food? 
Karena iMom tidak ingin mengatur pola makan dengan diet ini itu yang penuh bermacam pantangan tidak boleh makan ini dan cuma boleh makan itu. 
Segala sesuatu yang menyiksa tubuh tentu sulit untuk dipertahankan dalam jangka panjang. Makan itu harus enak, sehat itu bonus. Hehehe... 



Mengikuti catering balanced food selama dua minggu dengan dua kali pengantaran untuk makan siang dan makan malam adalah juga detoks tubuh.
Untuk mengontrol asupan serat, bebas lemak, tinggi protein dan vitamin secara ketat yang diawali dengan jus dan smoothies. 

Beberapa manfaat detox yang iMom baca dari buku Eating Clean 20 Langkah Mudah Membiasakan Makan Sehat oleh Inge Tumiwa-Bachrens, yaitu :

  • Menurunkan dan menstabilkan berat badan.
  • Menstabilkan gula darah dan mood. 
  • Meningkatkan energi, konsentrasi, daya tahan tubuh.
Catering Balanced Food biasa iMom ikuti satu atau dua kali dalam enam bulan diikuti pola makan sehat setiap hari. 

Sarapan Sehat

Jika mengatur pola makan dengan memasak menu sehat di anggap terlalu susah untuk diikuti, langkah paling sederhana adalah dimulai dari menu sarapan saja dulu.
Mengatur asupan energi di pagi hari tentu menjadi langkah awal untuk memulai aktifitas sepanjang hari.



Berikut tiga variasi menu sarapan sehat kaya serat, protein dan vitamin dari Dapur Cozyhomeidea. 

Bahan-bahannya
Oat, granola tropical fruit and nuts, susu, chia seeds, dan buah-buahan.

Cara membuatnya :

Campur susu dan oat dalam jar, masukkan granola dan chia seeds, lalu tambahkan potongan buah-buahan sesuai selera. Aduk, tutup rapat jar, simpan semalaman di kulkas untuk dimakan keesokan harinya sebagai sarapan.

1. granola, kiwi, dan susu vanilla






2. granola, kiwi, apel, dan susu coklat 
buat yang gak diet atau yang bosen sama susu plain.



3. oats, susu, granola



Yang bisa di variasikan seperti ini,


Menu sarapan ini selain menyehatkan juga praktis dibuat di pagi hari saat segala sesuatu harus dilakukan dalam waktu terbatas dan terburu-buru. 
Bahkan sarapan sehat ini bisa dibuat malam sebelum tidur, dimasukkan dalam jar tertutup dan disimpan semalaman dalam kulkas untuk dimakan keesokan harinya sebagai sarapan, bekal ke kantor, ke sekolah, juga bekal untuk ke Gym.

Praktis dan mudah kan.


Penting meletakkan bahan-bahan membuat sarapan ditempat yang terlihat dan mudah dijangkau.



Granola bisa dijadikan sebagai menu dessert, lho. Seperti buah kiwi yang di tabur granola ini menjadi dessert yang menyehatkan untuk yang menjaga asupan gula.

Variasikan Dong Beib



Menu sehat bisa divariasikan karena tubuh juga perlu variasi dengan asupan bahan berbeda supaya tubuh lebih kaya nutrisi dan energi.

Tapi apapun itu yang terpenting adalah menu sarapan pagi harus praktis, sehat dan bikinnya tidak memakan waktu lama.


Nasi merah lengkap dengan lauk yang dibakar juga sayuran, pancake oats n pisang, toast gandum, dan smoothies yang oh so yummy!





Mulai Saja Dulu


Memulai dan menerapkan pola hidup sehat dalam keseharian tentu tidak bisa dilakukan serentak dalam segala aspek. 
Mindset pola hidup sehat harus dibentuk terlebih dahulu yang datang dari keinginan diri sendiri tanpa paksaan orang lain yang tentu akan lebih baik jika di support oleh orang-orang terdekat dan lingkungan sekitar. 


Pilihlah hal yang paling memungkinkan untuk dilakukan dengan senang hati. 
Memulai sesuatu dengan rasa suka tentu akan bertahan dalam waktu lama sehingga menjadi gaya hidup sehat untuk selamanya.
Misalnya untuk yang senang berolah raga bisa dimulai dari jalan pagi atau jogging setiap Car Free Day, artinya seminggu sekali ya yang bisa dilanjut menjadi dua atau tiga kali seminggu, dan seterusnya.


Atau seperti iMom yang memulainya dari kegemaran meminum smoothies yang dijadikan menu berganti-ganti untuk sesi setelah treadmill juga sebagai menu sarapan. 

Untuk yang hobby masak bisa mulai dari mengganti beberapa bahan dengan yang bahan dan bumbu lebih sehat seperti minyak goreng diganti dengan olive oil atau canola oil, yang biasanya dimasak dengan cara digoreng diganti dengan cara dibakar atau dikukus, dan lain-lain disesuaikan dengan selera serta kebiasaan masing-masing saja.


Tubuh juga Perlu Beradaptasi

Hindari sikap buru-buru ingin merubah pola hidup sehat dalam sekejap.
Menu tidak seluruhnya dirubah secara ketat. Misalnya sama sekali tidak makan nasi atau hanya makan nasi merah terus. Lemes Shay!


Yang ada bukannya sehat malah insyaf dan gak lagi-lagi deh. 

Makan saja seperti biasa, tapi secara perlahan di seling dengan menu sehat. Mau makan nasi kuning atau bubur ayam ya ayo saja. Tapi diseling dengan sarapan sehat untuk keseimbangan. Tambahkan buah-buahan dan makan sayur dan ikan lebih banyak dari biasanya.


Perlahan lidah dan usus dengan sendirinya akan menyesuaikan koq dan beradaptasi dengan rasa makanan. Dibawa santai aja ya. 
Biarkan tubuh beradaptasi dengan caranya sendiri.


Jadi, Sudah Sehatkah Pola Hidupmu? 

Sekarang walaupun sudah tidak bingung lagi dan belum sepenuhnya menjalani hidup sehat tetapi setidaknya iMom merasa sudah berada di jalur yang sehat, atau lebih tepatnya sudah memiliki kesadaran untuk memulai menerapkan pola hidup sehat dan seimbang dalam keseharian secara bertahap. 

Yang penting adalah:

Mulai saja dulu, oke?





Salam Kreatif,

Be Happy, Be You.

You Might Also Like

14 komentar

  1. roasted vegetable yang terdiri dari kentang, buncis, serta ayam grill bumbu marinated ala kafe yang maknyuss ....

    Ada di blog resepnya, iMom?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Beluum pi ditulis resep Roasted Vegetable nya. Next yaa iMom update resepnya.

      Hapus
  2. Keren tips-tipsnya iMom ��
    Emang harus ada niat untuk hidup sehat lalu memulainya dan diteruskan.
    Sehat itu penting, bonusnya ya body yang ok, hehe..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul banget itu Mamie. Kita semua masih taraf belajar untuk memulai hidup sehat diantara pilihan beragam makanan enak yang belum tentu sehat ya.

      Hapus
  3. wahhh hebaaat bgt mba. aku sih beberapakali coba atur makan tp gak pernah tahan lama

    BalasHapus
    Balasan
    1. Samaaa koq, saya juga masih baru mau belajar ngatur pola makan. On Off juga pastinya. Yang penting mulai aja dulu, yee kaaan.

      Hapus
  4. Sehat dan bahagia dalam hidup adalah impian semua orang. Terima kasih artikelnya ya iMom, sangat inspiratif

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih kaka Abby ibu guruku sayang sudah mengupresiasi baik untuk postingan ini. Sharing is Caring oke.

      Hapus
  5. Dehhhh cinta skali dengan detilnya ulasan imom mengenai hidup sehat! Saya setuju banget dengan, no diet just balance ! Udah saya cobain ke ayahzam cuma sy sering bingung biar gak bosan dia hahaha .. tp udah dapat contoh menu dari imom 🥰🥰😍😘😘

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ikutan juga dong bunda supaya ayahZam gak sendirian dengan pola makan barunya. Bagi-bagi juga dong resepnya ke iMom kan kita juga masih sama-sama belajar.

      Hapus
  6. Ternyata ya, hidup sehat emang dimulai dari yang paling dasar, apa yang kita makan. Btw, saya suka sekali kalau postingannya iMom berbagi resep simple begini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kaka Nanie, walaupun kita olga heboh tapi kalau pola makan gak berubah ya teteup aja hasilnya kurang maksimal. Kayaknya sih gitu melihat dari pengalaman orang-orang terdekat. Makasih ya kak Nanie sudah suka dengan postingan iMom.

      Hapus

Subscribe