Cara Bikin Puff Pastry Anti Gagal Untuk Berbuka Puasa.

Minggu, Juni 04, 2017

Semua suka puff pastry kaan kue adonan lembaran cantik yang renyah itu.
Bikin yuuk untuk cemilan berbuka puasa.



Di Cozyhomeidea, kami semua suka puff pastry, kue kaya akan rasa mentega dengan sensasi ringan dan renyah sekaligus mengenyangkan yang membawa ke kenangan menyenangkan saat sarapan masa kecil dengan pilihan rasa sesuai request kanak-kanak. Menjadi pilihan saat nongki di kafe pun setiap breakfast di hotel puff pastry selalu menjadi salah satu pilihan bahkan psssttt....beberapa juga ikut sampai ke kamar.

Awalnya iMom belajar bikin puff pastry dari buku resep dan googling di Wikihow. 
Bahan-bahannya sederhana dan gampang ditemukan. Cara buatnya itu yang butuh kesabaran untuk menghasilkan adonan yang ketika dibakar menghasilkan banyak lembaran tipis yang renyah. 

Tahun lalu iMom buat puff pastry dan di upload di Facebook ( FB LizaNovie Mochtar yang sayangnya sudah dihack), banyak yang nanya gimana bikinnya, koq waktu dibikin adonannya menjadi seperti meleleh, koq bakarannya tidak menghasilkan lembaran. Karena tidak sekalian dibuat postingannya di blog sini jadi rada ribet untuk menjelaskan satu persatu. Lagipula iMom kan juga masih pemula bikin adonan lembaran jadi yaaa menjawabnya juga sepengetahuan saja. Tapi memang koq adonan ini asli ribet!....hehehee maksudnya untuk ukuran orang seperti iMom yang males bolak-balik menguleni adonan dan sampai tiga kali buka tutup mendinginkannya di kulkas.

Di postingan ini iMom tidak membahas lagi bahan dan cara bikin adonan puff pastry ya,  karena sekarang iMom lebih sering memakai adonan lembaran yang dibeli jadi karena lebih praktis dan sudah pasti anti gagal bahkan untuk pemula sekalipun. Pantesan ya di kulkas rumah mamie selalu ada stok adonan lembaran yang di beli jadi. Pernah ditawari untuk dibawa pulang tapi waktu itu belum kepikiran mau dibuat seperti apa. Taunya tinggal minta mau dibuatkan pake isian apa dan begitu datang langsung makan. Belum ngeh kalo adonan lembaran yang sudah jadi itu ternyata bebas ribet. Sejak iMom tahu betapa mudahnya membuat puff pastry dengan adonan lembaran jadi yang banyak dijual di supermarket, sejak itu iMom selalu punya stok beku di freezer.


Sebaiknya adonan lembaran selalu di jaga tetap dalam suhu dingin. Jadi begitu dibeli harus secepatnya disimpan di kulkas. iMom pake puff pastry merk Edo. 

Cara mengolah adonan lembaran puff pastry.

bahan dan alat yang diperlukan:
. adonan lembaran
. bahan untuk isian, iMom pake Nutella dan keju
. tepung untuk membuat adonan tidak melengket
. butter
. telur untuk mengoles
. sedikit air untuk melekatkan
. kuas, penggiling kayu, plastik pengalas.


Tipiskan sedikit adonan lembaran diatas keramik dapur supaya adonan lembaran tetap dingin. Alas  dengan plastik, taburi tepung supaya tidak lengket dan bekerjalah lebih cepat.  Adonan ini terbuat dari mentega beku yang harus dijaga suhunya tetap dingin, jangan terlalu banyak disentuh tangan supaya adonan tidak meleleh terpapar suhu tangan dan jika dirasa adonan mulai menghangat masukkan sebentar ke dalam kulkas.


Dalam kotaknya, adonan lembaran terlipat tiga. Satu lipatan bisa dibuat sebanyak 9 buah puff pastry. Dengan catatan tergantung ukuran yang diinginkan ya. 
Tipiskan adonan dengan penggiling kayu, taburi tepung sesekali, dan bagi sesuai bentuk yang diinginkan dengan menggunakan pisau.


Pilihan isi terserah sesuka hati. Disini iMom bikin dua macam isian, nutella dan keju. Kalo puasa begini enaknya nutella ya yang manis untuk berbuka. 


Bentuknya sesuai selera.  
Disini iMom bentuk variasi kotak dan segitiga, isi nutella satu sendok teh penuh dan lekatkan dengan mengoles air disepanjang pinggirannya, lipat dan rapatkan sisi ketemu sisi, dan tekan pinggirannya dengan garpu. Pastikan jangan ada celah terbuka  supaya isiannya tidak meleleh keluar ketika di bakar.


Puff pastry siap dibakar di oven suhu 200 derajat selama kurang lebih 12 menit. Ovennya jangan di buka tutup ya sebelum adonan setengah matang.
Keluarkan dan oles merata dengan kuning telur. Kenapa setengah matang dan bukan sebelum di masukkan ke dalam oven? supaya puff pastrynya bisa mengembang sempurna menghasilkan banyak lembaran tipis yang renyah. Jika sudah matang stel  oven ke api atas sekitar 2 menit untuk menghasilkan tampilan puff pastry yang cantik dengan bakaran sempurna kecoklatan.





See... tampil menggoda selera kaan. Sangat bisa dipastikan si om brewok dan the brondongs blues tidak akan jauh dari dapur apalagi saat harum dari oven  menyeruak memenuhi seisi Cozyhomeidea. mmm...bakaran pertama selalu langsung ludess.

Perbedaan adonan lembaran puff pastry yang dibuat sendiri dan yang di beli jadi.


  • Adonan puff pastry bikinan sendiri walaupun membuatnya butuh kesabaran tapi rasanya memang lebih enak, gurih dan lebih terasa menteganya karna menggunakan butter atau mentega roombuter, bukan blueband. Mau yang salt atau unsalted terserah sesuai selera yang penting menteganya harus dalam keadaan beku. Pastikan seluruh proses dikerjakan dalam keadaan adonan mesti selalu dingin dan  mentega dijaga tetap beku. Harus sabaar menggiling dan melipat adonan, memasukkan kembali ke dalam kulkas, yang diulang prosesnya sampai tiga kali. Hasilnya tentu sepadan dengan rasanya yang bikin nagih.
  • Sedangkan adonan lembaran puff pastry anti gagal yang di beli jadi rasanya memang tidak seenak adonan yang dibikin sendiri  karena hanya menggunakan korsvet atau mentega putih yang rasanya tentu beda dengan butter yang takarannya bisa disesuaikan dengan selera. 

Tips memakai adonan lembaran puff pastry yang dibeli jadi.


Untuk mensiasati rasa adonan lembaran puff pastry yang dibeli jadi yang menurut iMom tidak seenak adonan yang dibikin sendiri, iMom menambahkan butter sebagai campuran kuning telur untuk mengoles. 
Juga saat puff pastry sudah mateng dan dikeluarkan dari oven, oleskan kembali butter tanpa kuning telur supaya lebih wangi dan rasanya lebih kaya mentega. Lekker deh pokoknya.





Dan, beberapa hari kemudian ada Dzikry dan Anisah ponakan iMom yang khusus datang ke Cozyhomeidea untuk minta dibuatkan puff pastry lagi yang isian kejunya lebih banyak, skalian mau belajar bikin puff pastry karena katanya nanti mau bikin sendiri di rumah untuk dijual di acara sekolahnya . My smart little girl....  baru kelas 3 SD lho.



Senangnya baking ditemani Anisah dan Dzikry yang bergantian main treadmill sambil nonton dan dikit-dikit tak sabar ngintip ke pintu kaca oven.....hehehe.



Plus ada special request, minta yang bakarannya agak gelap sedikit. mm...kalo yang ini sebenarnya selera semua yaaa termasuk iMom, om brewok dan kaka-kaka the brondongs blues, yang tidak cuma di bakaran kue saja, menggoreng pisang juga maunya yang gorengannya agak angus-angus dikiit pinggirannya  apalagi kalo pisang raja yang pinggirannya garing ber karamel. eeh koq malah jadi ke pisang goreng yaaa.


Adonan lembaran puff pastry yang dibuat sendiri atau beli jadi ini tahan sampai sebulan dalam kulkas bawah dan selama tiga bulan jika disimpan beku dalam freezer. Caranya, bungkus dengan plastik wrap dan masukkan dalam wadah kedap udara.

iMom biasanya membuat sekaligus puff pastry dalam jumlah banyak, sudah dengan isiannya tapi belum di oles kuning telur, dan disimpan di freezer. Jika dibutuhkan, tinggal diturunkan ke kulkas bawah malam atau beberapa jam sebelumnya supaya tidak beku dan tetap dingin, biarkan sebentar di suhu ruang dan siap di oven. Biasa kaaan,  persiapan untuk teman-teman yang sering datang berkunjung , ngobrol dan ngeteh di Cozyhomeidea.

Gimana, praktis kan bikin puff pastry ala bakery yang sudah pasti anti gagal ini. Bikin yuk untuk menyenangkan hati orang-orang terkasih sebagai menu berbuka puasa. Jangan lupa fotonya diupload ke sosmed dan tag ke iMom ya skaligus  puff pastrynya dikirim ke Cozyhomeidea.

Next, iMom mau bikin puff pasty model roti kepang ukuran jumbo dengan isian apple pie, tuna mozarella dan ragout yang creamy.

Salam Kreatif.
Be Happy, Be You.

You Might Also Like

8 komentar

  1. Kakak, kalo bikin Apple Pie, Ery mau cobain donk....😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. O boleh skali Ery say. Ini lagi list bahan mau bikin isiannya dulu. Nanti saya kabarin yaaa...

      Hapus
  2. Dilihat saja sudah terasa enak, Kak :)

    Pintarnya ponakannya Kak Novie.

    Noted, deh postngan ta'. Terima kasih sudah berbagi :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ponakanku ini memang tertarik sama masak-memasak. Makasih sudah di noted. Percaya deeh ini jalan tol asli gampang bikin puff pastry enak. Makasiih ya Niar sudah berkunjung.

      Hapus
  3. ish mauka Pastry nya, saya Pastry lover sejati. bikinnya simple banget kayaknya ya, ta[i rasanya pasti enak. Terutama yang isi nutella, omg bikin ngiler swear. Untung udah buka puasa wkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. bikinnya simple memang dan rasanya mmmm....yuk bikin. isinya bisa disesuaikan selera.

      Hapus
  4. Hai mbak, apa kabar? Lama aku nggak main kesini ya. Aku gagal melulu yg bikin pastry from the scratch-nya. Sayang imom sdh dihack. Kok bisa ya? Aku memang kurang suka beli adonan2 jadi krn rasanya aneh. Mungkin kudu pake tips di atas ya biar enak & wangi butter. Coba ah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ayooo mak Lusi segera dibikin. copas aja tuh tips di atas dijamin deeh wangi dan yummy seisi rumah.

      Hapus

Subscribe