Kurus Dan Sehat Dengan Infused Water

Rabu, Juli 05, 2017

Setelah semingguan kenyang dengan menu Lebaran yang serba santan dan berlemak, kini saatnya detox untuk membantu tubuh mengurangi lemak dalam darah supaya badan kembali ringan dan segar.


*pic by iMom di Dapur Cozyhomeidea

Apa itu infused water?
Infused water adalah cara paling mudah, murah dan bergaya dalam mengurangi lemak tubuh. 
Kenapa disebut bergaya? ya karna tampilannya sangat menyegarkan dan menarik ala mojito di kafe gaul. Sangat layak sebagai sebagai minuman penambah semangat juga sebagai minuman suguhan tamu.
Minuman segar dan tentunya enak yang dibuat dari irisan buah-buahan ini memiliki banyak khasiat pada tubuh yang salah satunya adalah ampuh menghancurkan lemak tubuh. Di situs mode dan kesehatan, infused water adalah minuman enak yang dipercaya berkhasiat menyehatkan dan menguruskan. Jadi kalo mau kurus dan sehat cara mudah ya di infused water tentu.

Di Cozyhomeidea, infused water sudah menjadi keseharian selain menu sehat dan smoothies.
Tapi yah begitulah dapur iMom tidak setiap hari bisa ngebul karena aktifitas panjang di luar rumah yang membuat lebih lebih sering makan di luar. Tahu sendiri kaan gimana menu di luar rumah, walopun diberi label menu rumahan dengan bahan-bahan yang sehat tapi kita tetap tidak bisa mengontrol cara olahnya karena tinggal terima jadi di meja. Yang bisa dilakukan adalah mengurangi makan di luar rumah dengan lebih banyak meluangkan waktu di rumah untuk memasak menu sehat dan rajin minum infused water.


                               *pic by iMom di Dapur Cozyhomeidea

Infused water sendiri adalah air mineral atau air matang yang diberi potongan buah-buahan, daun mint, juga rempah berkhasiat seperti jahe dan kayu manis, atau dengan kata lain adalah air matang yang di infus atau air matang yang menyerap nutrisi alami dari buah-buahan dan rempah tanpa tambahan kalori dan gula. 

Pada dasarnya semua buah bisa dijadikan bahan untuk infused water tentunya dengan berbagai khasiatnya masing-masing. Hanya saja pilih buah yang dagingnya tidak terlalu lunak karena mudah hancur dalam air sehingga penampilannya tidak akan menggugah selera, seperti buah pepaya, pisang, alpukat dan semangka.

Beberapa pilihan buah dan khasiatnya untuk dibuat infused water.
  • jeruk nipis - jeruk manis/orange - lemon, baik untuk menjaga sistem kekebalan tubuh, pencernaan dan rasa panas dalam perut.
  • ketimun - strawberry - kiwi, baik untuk mengatur kadar gula darah juga pencernaan.
  • ketimun - lemon - jeruk nipis, baik untuk mencegah kekurangan cairan tubuh, pencernaan dan mengatur nafsu makan. Nah!... ini dia yang dicari-cari banyak orang.
                           *pic by iMom di Dapur Cozyhomeidea

Dan kebetulan pohon lemon tea di taman belakang rumah mamie sedang panen. Buahnya lebat sampai ke tanah. Jadinya stop dulu beli lemon di supermarket karena stok berlimpah bikin happy iMom dan utamanya adek ipar uda Syafran yang pinter masak dengan menu yang kini segalanya bercitarasa lemon, mulai dari menu woku, ikan bakar, sambel sampai salad buah. Kunjungan ke rumah mamie jadi lebih sering untuk memetik sendiri lemon tea langsung di pohonnya dan bikin aturan metik yang kita sepakati bersama, metiknya jangan berlebihan dan utamakan buah yang sudah kuning mateng. Karena semua begitu tergila-gilanya dengan lemon tea yang banyak khasiatnya ini, mamie menggandakan anak-anakan lemon tea di empat pot besar untuk nanti dibagikan ke masing-masing rumah kami. 

Begini cara iMom membuat infused water.
Sudah tentu iMom memilih bahan-bahan yang berkhasiat untuk mencegah dehidrasi, melancarkan pencernaan, melarutkan lemak dengan bonus melangsingkan tubuh. Dengan catatan jika diminum setiap hari. Tapi tujuan kurus bukan yang utama karena iMom sudah nyaman koq dengan body poco-poco menggemaskan seperti ini. 

                               *pic by iMom di Dapur Cozyhomeidea

  • bahan-bahan  
. Lemon
. Jeruk nipis
. Ketimun
. Jahe
. Daun mint jika ada
. Air matang
. Wadah kaca kedap udara.
  • cara bikinnya
Cuci bersih buah-buahan dan iris tipis. Mengupas sengaja di skip karena iMom lebih suka buah-buahan larut bersama kulitnya. Jahe di kupas dan di keprek. Daun mint dilumatkan sedikit. 
Masukkan buah-buahan yang telah diiris, rempah dan daun ke dalam wadah, tekan-tekan dengan sendok kayu untuk membantu minyak alami rempah dan ekstrak buah cepat terlepas dan terserap air. Tambahkan air sampai penuh. Tutup rapat wadah kemudian masukkan ke dalam kulkas. Biarkan selama enam jam atau semalaman.

Untuk wadah infused water, iMom lebih memilih menggunakan wadah, gelas, teko, botol dari bahan kaca. 
Infused water tahan sampai dua atau tiga hari dalam kulkas dengan cara mengganti irisan buah-buahannya. Tapi infused water di dapur Cozyhomeidea jarang bertahan lebih dari dua hari karena langsung di habiskan dalam sehari. Alasannya selain memang doyan meminumnya, jika terlalu lama didiamkan di kulkas rasanya akan semakin pahit karena buah-buahannya tidak iMom kupas.

                            *pic by iMom di Dapur Cozyhomeidea

Beberapa cara iMom minum infused water
  • diamkan selama semalam di kulkas untuk diminum keesokan harinya mulai bangun tidur sampai makan siang, infused water dicampur air hangat dan tambahkan dengan chia sheed yang sudah dibuat malam sebelumnya, minum di gelas besar, kumurkumur dengan air supaya asam lemon tidak tinggal di gigi, dan lanjutkan beraktifitas sampai paling kurang setengah jam sebelum sarapan.
  • minum sepanjang pagi sampai makan siang, bisa di bawa keluar rumah dalam botol kedap udara.
  • atau biasa juga iMom bikin pagi dan didiamkan di kulkas untuk diminum saat malam hari setelah seharian beraktifitas di luar rumah.
  • teh hijau yang diberi lemon atau jeruk nipis dan jahe keprek dan daun mint.
                              *pic by iMom di Dapur Cozyhomeidea

                             *pic by iMom di Dapur Cozyhomeidea

Infused water buatan imom selalu dicari di setiap event keluarga, acara di cozhomeidea, ulang tahun, arisan, juga suguhan untuk teman yang sekedar berkunjung.

Saat berbuka di bulan puasa kemarin infused water di tambahkan chia sheed untuk melancarkan pencernaan. Tahu sendiri kaan kalo lagi berpuasa pencernaan sering terganggu disebabkan pola makan yang berubah dan tubuh sedang dalam kondisi menyesuaikan dengan perut kosong seharian yang juga sedang detox sih sebenarnya, makan malam berbuka yag menunya untuk siang hari dan dirasa agak berat, juga makan sahur yang selalu diikuti dengan tidur setelah Subuh yang berpotensi menimbun lemak tubuh.

                            *pic by iMom di Dapur Cozyhomeidea

Juga di Lebaran kemarin setiap open house di rumah sisters iMom yang diadakan bergantian, iMom selalu datang lengkap dengan menu request dan tentunya sebotol besar infused water untuk di minum bersama sebagai minuman penutup. Dibuat tanpa jeruk nipis dan ketimun seperti variasi yang ini juga oke koq.

Untuk yang sedang berpuasa Syawal silahkan mencoba tips minum infused water ini yaaa.
Bisa diminum hangat sebagai minuman berbuka puasa dan di minum dingin setelah makan sampai saatnya tidur malam.

                      *pic by iMom di Dapur Cozyhomeidea


*pic by iMom di Dapur Cozyhomeidea

Ini infused water tadi siang saat iMom nulis postingan ini. Segelas air lemon hangat yang diberi jahe keprek untuk iMom dan Farchan the brondongs blues setelah kami menikmati bakso urat yang terasa kelebihan lemaknya justru setelah mangkoknya licin bersih yang membuat kami berdua sepakat tidak akan makan bakso dari kedai situ lagi. 
Lemon hangatnya terasa segar melarutkan lemak. 
Kalo suka bisa ditambahkan madu sedikit.

Gimana, mudah dan berkhasiat kaan.
Yuk minum infused water.

Salam Kreatif
Be Happy, Be You.




You Might Also Like

4 komentar

  1. Waaah makasih resepnya. Aku tu heran banget. Lemon tea-ku baru berbuah sekali, isinya cuma 2 buah. Habis itu nggak berbuah lagi, cuma dauun terus.

    BalasHapus
    Balasan
    1. mau di tambahin pupuknya kaliii...ato gini aja mba Lusi, pake cara lama. Diancem tuh pohon bilangin mau dipangkas aja klo buahnya cuma dua. Pasti berbuah panen deeh. Biasanya sih gitu. hehehee.....

      Hapus
  2. Kalau biasanya habis minum honey lemon shot, sisa lemonnya dipotong dimasukkan ke botol plus air putih, masukin kulkas. Segar!

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaaa.... segernya dapet, manfaatnya juga dapet ya.

      Hapus

Subscribe