Jaga body? pilih tiga resep smoothies ini sebagai pengganti waktu makan.

Senin, November 13, 2017


Belakangan ini iMom rajin posting foto smoothies buatan sendiri di sosial media. Kalau kalian bersama iMom di Facebook, Instagram dan Path pasti sudah sering ya melihat postingan gelas-gelas smoothies dari dapur cozyhomeideas alias homemade smoothies by iMom. Ada seorang teman yang menyebut iMom sebagai miss smoothies, juga ada yang menyebut iMom sebagai pengabdi smoothies. Hehehee... yuk, kapan-kapan mainlah ke dapur iMom kita smoothies bareng ya.

Smoothies en iMom? 
Tentu ada alasannya.
Pertama, smoothies itu adalah salah satu cara kenyang iMom setelah sesi treadmill sore di rumah. Untuk menghindari gerakan spontan buka laci cemilan dan membawa salah satu toples kue ke meja makan sebagai teman minum teh hijau, ya iMom siapkan smoothies saja.
Sudah sejak lama kami, iMom dan smoothies berteman akrab, bahkan sejak sebelum iMom menikah dengan Om Brewok. Hanya yaa... kadang ingat dan lebih sering terlupakan.
Alasan kedua, karena pengen sehat dan kenyang dengan cara praktis.
Dan ini sebenarnya faktor utamanya. Eh, koq jadi terbalik ya... maafkan faktor U.

Sebagai gong diusia jelang midlife ini, ada kode yang sangat keras untuk kembali menjalani hidup lebih sehat atau healthy life dengan mulai menjadikan olah raga sebagai rutinitas dibarengi dengan pola makan yang lebih sehat. Tahu sendiri kan usia seperti ini kita mulai akrab dengan hal-hal yang berkaitan dengan tekanan darah dan kadar gula darah.
Kata orang pintarnya sih kontrol 3F, yaitu : 
Female, Forty, and Fat.
iMom seperti di tunjuk di dahi dengan perkataan : 
'Heyyy.... kamu banget kan itu!".


Sudahlah tanpa perlu berpanjang kata, mari mulai hidup sehat dengan diawali merubah sedikit demi sedikit pola makan. 
Makan sehat di keluarga Cozyhomeidea berarti jika mama sendiri yang masak.
Masakan iMom dari pilihan menu yang praktis saja dan lebih suka mengganti nasi dengan umbi-umbian rebus. Om Brewok dan The Brondongs Blues sudah sangat familiar dengan menu-menu sederhana yang diracik iMom dengan cinta sebagai bumbu penyedap. Tsaah!


Sebenarnya menu-menu sederhana itu adalah istilah lain dari tidak begitu suka masak, lebih tepatnya males ribet di dapur. Tahu sendiri kaan database menu iMom untuk in action di dapur itu masih sangat terbatas dan tidak terlalu berniat mengupgrade diri dengan menu-menu spektakuler yang sering terhidang di meja makan tetangga. iMom focus saja di menu yang disukai Om Brewok dan The Brondongs Blues seperti opor ayam, smoor, daging balado, ayam mentega, kering tempe, serta serba di garorica dan di bakarica.


Menu seperti coto, sop saudara, rawon, tidak dimasak di rumah karena hanya sesekali dimakan jadi lebih enak dinikmati langsung di tempat penjualnya yang banyak di Makassar sini. Dan kalo dipaksain bikin sendiri juga stelan rasanya akan lari ke kanan dan ke kiri. Lagipula itu bukan menu kesukaan kami di rumah termasuk menu ikan yang dimasak kuah, but ikan bakar its ok.
Pengecualian untuk iMom adalah jika ikannya di masak ala menu Manado yang kaya rempah dan bumbu sehingga rasa amis ikan hilang berganti rasa daun-daunan rempah yang kuat seperti daun jeruk, pandan, daun bawang, sere dan kemangi.
Hm.. jadi lapar ya.

Clean Eating.

*salah satu menu Clean Eating ala iMom dari dapur Cozyhomeidea.


iMom memilih mengganti pola makan dengan mulai beralih ke clean eating, yaitu makan dengan cara yang lebih sehat dengan memilih bahan-bahan yang mengandung manfaat pada tubuh yang diolah seminimal mungkin sehingga tidak mengurangi kandungan nutrisi.
Apalagi sekarang iMom dan Om Brewok hanya berdua saja di Cozyhomeidea ditinggal The Brondongs Blues melanjutkan kuliah ke luar kota, maka semakin perlulah kedua sejoli di usia midlife ini untuk mengkonsumsi menu yang benar-benar sehat tanpa di seling dengan menu gorengan yang disukai anak-anak muda itu ya.
Mengurangi atau mengganti nasi putih dengan nasi merah, umbi-umbian, pisang, labu dan kentang dengan cara di rebus atau di kukus juga merupakan salah satu cara makan lebih sehat selain memperbanyak konsumsi sayur-sayuran dan buah. 
Menggunakan olive oil untuk menumis, kurangi garam, hilangkan bumbu penyedap, dan konsumsi protein dengan cara di bakar, grill atau dibuat woku. 


Pola konsumsi clean eating ini sejak awal sudah mulai iMom terapkan saat The Brondongs Blues mulai menunjukkan tanda kelebihan berat badan yang dibarengi dengan mengajak mereka jogging secara teratur dan kurangi ngemil.
Clean eating ini juga cocok dengan pola masak iMom yang kepingin sehat tanpa menjadi tua di dapur. Tentu  iMom sedang dalam taraf belajar mengenai tips dan trik untuk menghadirkan variasi menu clean eating yang sehat, praktis, bukan bahan import, dan tentu enak rasanya. Tapi tentu sesekali harus diseling dengan cheating makan sesuai mood yang biasanya kami lakukan saat weekend.
Postingan clean eating ala iMom sedang on the way yaa…

Smoothies.

Nah! ini kesukaan iMom.
Cara asyik memasukkan berbagai nutrisi ke dalam tubuh tanpa repot dan rempong.
Dalam segelas smoothies sudah mengandung nutrisi lengkap yang diperlukan tubuh yaitu protein, vitamin dan mineral.
Rasanya juga enak menyegarkan dari sayuran dan buah-buahan juga gampang bikinnya. Tinggal di potong-potong buahnya, sayuran dan bahan pelengkap lain, dan di masukkan ke dalam blender.

Bahan utama yang ada dalam segelas smoothies ini adalah:

. Pisang
tinggi kandungan potassium, menguatkan otot, mempunyai kemampuan untuk mengusir racun dalam tubuh, dan mampu mengurangi lemak perut. Pisang ini untuk menambah kekentalan smoothies. Oh ya, pisang juga mencegah kepikunan. 

. Oat
sebagai tambahan protein dan sumber energy, baik untuk yang diet.

. Susu
Sebagai sumber kalsium dan vitamin D. Pilih susu skim, susu low fat, susu kedelai juga susu almond yang menambah lezat smoothies. Sesekali iMom mengganti susu dengan jus wortel, air kelapa, es cubes, juga yoghurt.

. Buah-buahan
Sebagai tambahan vitamin, mineral, yang baik untuk menjaga kesehatan jantung serta mengandung kadar antioksidan yang tinggi, seperti apel, buah naga, strawberry, nenas, dan banyak lagi disesuaikan kebutuhan tubuh dan selera. Nenas adalah buah favorite iMom yang sangat membantu proses pencernaan.

. Sayuran-sayuran
Sebagai sumber vitamin. bisa pilih brokoli, kale, bayam, atau baby pok coy.

. Chia sheed 
kaya akan serat, mengontrol kadar gula darah dan tinggi kandungan antioksidan sehingga di sebut superfood. Biji-bijian yang wajib ada dalam campuran smoothies.

Bahan-bahan diatas adalah sumber nutrisi yang harus ada dalam segelas smoothies. Jenis dan pilihannya disesuaikan saja tergantung selera ya. Yang penting diperhatikan komposisinya harus seimbang agar kalori yang masuk tidak berlebihan seperti yang ada dalam segelas milk shake. 
Masih banyak yang menyamakan smoothies dengan milk shake yang tinggi lemak dan tinggi kalori.

Kapan saat tepat minum smoothies?

Anytime beib,
dan siapapun bisa menikmati smoothies tanpa batasan usia.

Yang perlu diingat adalah, smoothies juga green smoothies bukan pengganti menu makan pagi, siang dan malam. Pilih salah satunya saja. Biasanya ini dilakukan oleh orang yang sedang atau ingin menjaga pola makan sehat dan mempertahankan bentuk tubuh.
Ada beberapa nutrisi yang tetap diperlukan oleh tubuh yang tidak bisa diperoleh maksimal dari smoothies walaupun beberapa nutrisi seperti zat besi, vitamin A, D, B1, iron, zink, calsium dan protein ada dalam kandugan sayur dan buah-buahan yang ditambahkan ke dalam smoothis.
Tetapi penyerapan berbagai zat yang mengandung nutrisi ini tidak terlalu maksimal di serap tubuh dibanding dari sumbernya langsung seperti ikan, daging, unggas dan telur. 
Kan gak mungkin juga kita menambahkan bahan-bahan ini ke dalam smoothies, walaupun si cakep Luke Bracey di film November Man menambahkan telur ke dalam bahan-bahan smoothies yang kemudian di blender.
Ugghh!
Masih banyak cara asyik menikmati protein.

Jadi, kira-kira seperti begini saja,
Sarapan seperti biasa dengan menu sesuai pilihan, lalu siang makan nutrisi lengkap seperti nasi atau umbi-umbian kukus, lauk dan sayur,  kemudian makan malam bisa di ganti dengan segelas smoothies. 
Atau sarapan dengan smoothies, lalu makan siang dan makan malam seperti biasa. 
Disesuaikan saja sesuai selera.
Yang penting itu tadi, keseimbangan kandungan nutrisinya harus dijaga supaya tidak kelebihan asupan kalorinya. 

Di dapur Cozyhomeidea smoothies biasanya hadir setelah sesi treadmill pagi sebagai pengganti sarapan atau treadmill sore yang sekaligus sebagai pengganti makan malam.
Dan tak lupa tentu menyimpan segelas untuk di minum Om Brewok sepulang dari kantor. Biasanya sih kalau sudah nge smoothies Om Brewok sudah tak menginginkan makan malam lagi walaupun sudah iMom siapkan untuk berjaga-jaga siapa tau masih lapar. 

Bikin Yuuk ....

Berikut iMom pilihkan tiga resep smoothies  dari dapur Cozyhomeidea.
Sangat mengenyangkan sarat nutrisi yang diperlukan tubuh serta bisa dijadikan sebagai pengganti salah satu waktu makan. 

1. Smoothies Pisang Apel




Bahan :
*Bahan untuk dua gelas

satu atau dua pisang yang sudah di bekukan
dua apel Malang ukuran sedang 
lima sdm oat dan susu almond/susu nonfat/susu kedele secukupnya yang sudah disimpan semalam dalam kulkas
beberapa lembar sayur baby bok coy beku
dua atau tiga ice cubes, air kelapa, atau susu nonfat.
vanilla essence
chia seeds organik/flex seeds.

Cara Bikinnya :
Masukkan oat, buah-buah yang sudah di potong kecil, sayuran, dan ice cubes ke dalam blender. 
Bisa tambahkan sedikit air jika dirasa terlalu kental. Blender.
Tuang ke dalam gelas. Beri vanilla dan chia seeds organik. Aduk.
Siap di minum.

2. Smoothies Pisang Buah Naga




Bahan :
*Bahan untuk dua gelas

satu atau dua pisang yang sudah di bekukan
satu buah naga beku
lima sdm oat dan susu almond/susu nonfat/susu kedele secukupnya yang sudah disimpan semalam dalam kulkas
beberapa lembar sayur baby bok coy beku
dua atau tiga ice cubes, air kelapa, atau susu nonfat.
vanilla essence
chia seeds organik/flex seeds.

Cara bikinnya :
Masukkan oat, buah-buah yang sudah di potong kecil, sayuran, dan ice cubes ke dalam blender. 
Bisa tambahkan sedikit air jika dirasa terlalu kental. Blender.
Tuang ke dalam gelas. Beri vanilla dan chia seeds organik. Aduk.
Siap di minum.

3. Smoothies Pisang Coklat Kacang
Resep smoothies berikut ini jika iMom sedang kepengen sesuatu yang lebih fancy seperti milk shake dalam versi sehat. Enak sekali rasanya!



Bahan :
*Bahan untuk dua gelas

satu atau dua pisang yang sudah di bekukan
satu setengah sendok makan skippy
lima sdm oat dan susu coklat nonfat secukupnya yang sudah disimpan semalam dalam kulkas
dua atau tiga ice cubes atau susu nonfat.
coklat bubuk secukupnya
kayu manis bubuk secukupnya
chia seeds organik/flex seeds.

Cara bikinnya :
Masukkan oat, pisang beku, skippy dan ice cubes ke dalam blender. 
Bisa tambahkan sedikit air jika dirasa terlalu kental. Blender.
Tuang ke dalam gelas. Taburi kayu manis bubuk, dan chia seeds organik. Aduk.
Siap di minum.

Tiga resep smoothies sehat, lezat dan sangat mengenyangkan ini bisa dijadikan sebagai pengganti salah satu waktu makan. 
Banyak yang bilang jika membuat smoothies itu merepotkan karena harus mencampur buah dan males menghidupkan blender.
Jangan laah ... selalu ada usaha untuk menjadi lebih sehat. Dan sekali mencoba membuat smoothies dijamin deh pasti ketagihan. 
Jika punya resep smoothies yang kalian fave silahkan di tambahkan di komen yaa... kita saling berbagi.
Atau punya teman yang fave sama smoothies silahkan di share tiga resep smoothies ala iMom ini. Because sharing is caring, oke?
Mari sehat bersama.

Smoothies bisa bikin kurus?

Ya iya bisalah.

Smoothies kan merupakan salah satu cara praktis memasukkan bahan-bahan makanan yang sehat ke dalam tubuh, membantu membakar lemak dan melancarkan pencernaan.
Biasanya jika teratur minum smoothies hasilnya akan mulai terasa setelah seminggu. Tubuh bereaksi positif seperti tidak cepat lapar, keinginan ngemil berkurang, badan menjadi lebih ringan dan pencernaan menjadi lebih lancar.

Buat iMom sendiri kurus itu pilihan. 
Kenapa? 
Karena iMom tidak begitu kepengen repot-repot melawan keinginan gigi manis dan kemauan si leher sadaap ini untuk menikmati yang enak-enak saat sedang berada di kafe atau di restoran.
Teh panas tanpa gula di meja tidak akan dibiarkan sendirian tanpa memilih satu atau dua kue yang menggoda selera di etalase. Gak ada deh cerita iMom hanya menatap nanar ke buku menu dengan keukeuh tidak menunjuk satu dua menu untuk dibawa ke meja. Oh no. Tidak seperti itu.
Kenikmatan yang paling berkah itu adalah jika kita bisa menikmati makanan enak. 
Dan dosa yang tak terampunkan itu, .... oleh diri sendiri, adalah jika kita menyia-nyiakan makanan enak di depan mata. ya kan?

Tapi tentu ada triknya supaya menu-menu itu tidak berakhir sebagai quilty pleasure, yaitu :
. Sharing is caring. Berbagi. Pesan dalam porsi kecil dan dinikmati bersama-sama.
. dan dibikin seimbang saja. Jika datang sudah dalam keadaan kenyang ya jangan lagi pesan makanan, pilihlah buah-buahan saja. Juga Jika sarapan pagi sudah dengan menu berat ya pesan salad saja atau menu ringan lainnya dengan porsi karbo yang tidak banyak.
Atau kalo sudah ada kue-kue manis, minumannya tetap teh tanpa gula atau air mineral saja. Sesekali imom kepengen coklat hot dan caramel latte ya gak pesan yang lain. Itu saja. Yaah

Yang jelas dengan menyertakan smoothies juga green smoothies dalam menu keseharian kita berarti kita sudah dalam jalur yang benar untuk salah satu cara asupan makanan sehat ke dalam tubuh. Apalagi jika diiringi dengan pola makan clean eating dan olah raga yang teratur.
Soal kemudian menjadi kurus ya anggap saja itu reaksi positif dari tubuh yang telah menjadi lebih sehat.
So, kurus itu bonus setelah tubuh menjadi sehat.
Mari minum smoothies.

Salam Kreatif
Be Happy, Be You.

You Might Also Like

6 komentar

  1. Rajinku juga dulu bikin smoothies. Sekarang aah... Kuttu! 😂
    Makanya undang ka ke rumah ta minum smoothies, iMom 😄

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahahaa... nge smoothies memang asyik tapi harus jaga mood juga supaya jadi rutin. Kalo saya nda stok cemilan sama kurangi makanan di dapur, jadi kalo lapar mau nda mau pasti nge smoothies. Iya deeh... kapan-kapan kalo jadwalnya sudah agak longgar kita duduk-duduk santai di dapur ini sambil nge smoothies bareng yaa.

      Hapus
  2. Enaknya kalo tetanggaan dengan Kak Novie.
    Bagus ini kapan2 Kelas MAMnya di dapur Kak Novie :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Senangku itu kalo kita tetanggaan Niar. Saya dapat guru blogging sama teman menikmati hasil racikan ala-ala di dapur cozyhomeidea ya. Asalkan mau ji seadanya.

      Hapus
  3. Rajinnya Ka Novie postig smoothies setial hari, eh akhirnya direview juga di blog ta. Mauka juga coba sarapan smoothies deh. Terinspirasi postingan Kk 😘.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya Wie, bersmoothieslaah .... dijamin pasti ketagihan deh.

      Hapus

Subscribe